Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Serunya Kontes Menthok Kendal, Keindahan Bulu Hingga Bobot Jadi Penilaian

Kontes Menthok Kendal

KENDAL – Lomba menthok yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal begitu menarik perhatian. Untuk untuk menentukan pemenang Kontes Menthok Kendal ini, para juri mencari menthok dengan keindahan bulu, bobot, dan panjang badannya.

Untuk kategori terberat yang jadi penilaian adalah bobot atau berat menthok, serta panjang badan. Menthok ditimbang dengan timbangan elektronik dan diukur panjang tubuhnya.

Sedangkan untuk kategori tercantik dinilai dari corak dan tekstur bulu serta kesamaan warna bulu. Selain itu, keaktivan menthok dan kebersihan kaki sangat menentukan.



Selain kesesuaian bulu dengan tinggi dan panjang badan, kontes yang diprakarsai Persaudaraan Menthok Kendal ini bertujuan untuk mengawetkan unggas yang biasa dikonsumsi dagingnya oleh masyarakat.

“Ada beberapa kriteria yang dinilai dalam duck contest festival. Selain anggota tubuh entok, keindahan bulu juga menjadi penilaian juri. Jumlah peserta untuk kategori bobot 60 peserta dan kategori beauty ada 40 peserta,” panitia penyelenggara, Bayu Aji Amto, dikutip dari iNews Jateng, Selasa (22/11/2022)

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengaku sangat menikmati lomba menthok tersebut. Sebab hal ini merupakan sebentuk kepedulian pecinta menthok untuk melestarikan hewan unggas ini.

“Saya berharap dengan adanya lomba ini, semakin banyak warga sekitar yang beternak dan beternak sapi mint,” kata Pandu Rapriat Rogojati.

Tidak hanya untuk dimakan, tetapi dapat dijadikan hewan peliharaan yang bernilai tinggi seperti kicauan burung.

Foto: doc. iNews Jateng

BACA JUGA  KPU Kendal Minim Sosialisasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...