Jowonews

Logo Jowonews Brown

Setahun Kepemimpinan Jokowi, Kasus Korupsi Makin Meningkat

JAKARTA, Jowonews.com – Penegakan hukum, khususnya bidang pemberantasan korupsi pada tahun pertama pemerintahan Presiden Jokowi dikatakan semakin memburuk. erdasarkan data survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sebesar 55 persen responden menilai korupsi makin banyak di era Jokowi-JK ini.

“Hanya 17 persen yang menilai korupsi semakin sedikit,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi ‎Hanan saat memaparkan hasil survei pihaknya, baru-baru ini.

Sementara dari penegakkan hukum secara keseluruhan, kata Djayadi, masyarakat juga menilai lebih buruk di satu tahun kepemimpinan Jokowi ini. 40 persen responden yang menyatakan itu.

Adapun responden yang menilai penegakan hukum mengalami peningkatan hanya sekitar 31 persen. “Sedangkan yang menilai baik kinerja pemerintah dalam memberantas korupsi hanya 47 persen responden,” kata Djayadi.

SMRC melakukan survei terhadap 1220 responden berusia di atas 17 tahun yang dipilih secara acak, dengan metode multistage random sampling.

Dari jumlah itu, responden yang dapat diwawancarai secara valid berjumlah 1027 responden. Sementara waktu pengumpulan data dilakukan pada 7-13 Oktober 2015. Adapun margin of eror dalam survei ini sebesar 3,1 persen.‎ (JN03/Ant)

BACA JUGA  Putusan Turun, Istri Wali Kota Salatiga Dieksekusi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...