Jowonews

Logo Jowonews Brown

Solo Siapkan Lima Rest Area untuk Pemudik

rest area soloSolo, Jowonews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kota Surakarta menyiapkan lima rest area di daerah itu untuk menyambut para pemudik Lebaran 2015.

Menurut Kepala Dishubkominfo Kota Surakarta Yosca Herman Sudrajat di Solo, Selasa, mengatakan lima rest area atau tempat istirahat pemudik di Kota Solo tersebut, akan didirikan di Jalan Bayangkara Tipes, Jalan Adi Sucipto Kerten, Jalan Ir. Sutami Jurug, Jalan Kolonel Sugiyono Nusukan, dan Jalan Slamet Riyadi Purwosari.

Dikatakan Yosca, lima rest area tersebut sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena faktor kelelahan pemudik setelah menempuh perjalanan jauh.

“‘Rest area’ di Jalan Adi Sucipto (Kerten) dan Jalan Slamet Riyadi (Purwosari) untuk pemudik yang masuk kota dari arah Jakarta/Semarang/Yogyakarta, di Jalan Bayangkara pemudik dari arah Wonogiri, di Jalan Ir. Sutami pemudik dari arah Surabaya, serta Jalan Kol. Sugiyono pemudik dari arah Kudus/Purwodadi/ Blora,” katanya.

Dia mengatakan petugas rest area dari Dishubkominfo dan tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta tersebut, akan melayani pemudik yang sakit akibat perjalanan jauh. Selain itu, pemudik yang singgah di rest area juga disiapkan tempat tidur untuk istirahat sementara di tenda, telepon flexi gratis, bengkel kendaraan, layanan kesehatan dan info mudik atau peta perjalanan.

“Kami mendirikan rest area itu, mulai H-7 Lebaran atau tanggal 10 Juli 2015. Tempat istirahat pemudik ini akan berdiri hingga H+7 Lebaran 25 Juli mendatang,” katanya.

Pihaknya memprediksi jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi pada 2015 mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Jumlah kendaraan pribadi baik arus mudik maupun balik Lebaran 2014 dari hasil pemantauan di Kota Solo dengan kendaraan pribadi yang melintas mencapai sekitar 7.666.194 unit, dan tahun ini diprediksi sekitar 8.432.813 kendaraan,” katanya.

BACA JUGA  Diduga Depresi, Polisi Bunuh Diri Tembak Kepalanya Sendiri

Oleh karena itu, pihaknya mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di Kota Solo dengan mengarahkan pemudik ke jalan pinggir kota, baik pemudik dari Jakarta (barat) maupun Surabaya (timur). Dishubkominfo akan memasang 96 rambu portabel untuk memberikan petunjuk arus mudik agar tidak salah arah, sedangkan rambu yang sudah terpasang sebelumnya 936 unit. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...