Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sopir Galian C Dukung Marmo

marmoSEMARANG, Jowonews.com – Dukungan kepada pasangan calon (Paslon) Walikota/Wakil Walikota Semarang Soemarmo-Zuber Safawi (Mazu) dalam pilwalkot 9 Desember terus mengalir. Ratusan sopir truck di Kecamatan Genuk yang tergabung dalam relawan Swakul (Soemarmo Walikota ku Lagi) menyatakan dukungan kepada paslon nomor urut satu ini.

Soemarmo dianggap memiliki pengalaman dalam menata kota dan mengayomi masyarakat. Sehingga dianggap layak memimpin Kota Semarang lagi.

“Pak Marmo (sapaan akrab Soemarmo) paling mumpuni serta paling bijak untuk memimpin Kota Semarang. Sudah terbukti saat beliau menjabat sebagai wali kota dulu (2010-2012),” kata Ketua relawan Swakul (Soemarmo Walikota ku Lagi), Sutrisno, saat mendeklarasikan komunitas dukungannya terhadap Marmo, di Kecamatan Genuk.

Disela deklarasi, mereka juga menumpahkan uneg-unegnya kepada mantan Sekda Kota Semarang itu. Salah satunya kebijakan pemerintah yang menutup aktivitas penambangan. Menurutnya, kebijakan tersebut justru mematikan mata pencaharian warga yang berprofesi sebagai sopir dum truk pengangkut galian.

“Kalau menutup galian harus ada solusi untuk kami yang selama ini menumpukan hidup dari sana (mengangkut galian). Iki urusane “weteng ngeleh” (ini urusan mencari nafkah untuk kebutuhan hidup) Oleh karena itu kami mendukung pak Marmo dengan harapan, beliau bisa mensejahterahkan kami. Memberikan solusi yang riil jika memang aktivitas itu dilarang,” harapnya.

Mendapat keluhan itu, Soemarmo menjelaskan, masalah penambangan galian C merupakan kebijakan dari pemerintah. Namun Soemarmo menilai seharusnya pemerintah melakukan kajian serta mencarikan solusi agar nasib para sopir dam truk ini tidak diabaikan. Dia pun berkomitmen apabila terpilih kembali menjadi wali kota akan mengkaji dan mencarikan solusi terbaik atas persoalan yang dialami sopir dam truk ini.

“Mereka kecewa dengan kebijakan pemerintah yang menutup aktivitas atau kawasan penambangan. Sebetulnya warga setuju, tapi setidaknya ada solusi untuk mereka. Sekarang masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari situ mandek, tidak bekerja. Bagaimana mereka menghidupi keluarga, anak-anaknya. Sekali lagi, kalau pemerintah buat kebijakan itu harus dikaji secara komprehensif, semua aspek dan dampaknya itu dipikirkan, tidak sekadar menghentikan,” terang Soemarmo, yang diamini komunitas Swakul.

BACA JUGA  Paslon Walikota Semarang Jalani Tes Kejiwaan

Dukungan dari sopi dam truk ini merupakan bukti nyata dari elemen masyarakat yang ingin ada perubahan untuk Kota Semarang dari berbagai aspek. Sebagai bukti nyata dukungan kepada Mazusebuah gerdu pemenangan relawan Mazu juga telah didirikan di Jalan Wolter Monginsidi, Genuk. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...