Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Sosialisasi Non-Perda: UMKM Penyangga Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya

UMKM Untuk Ketahanan Ekonomi
Gema DPRD Jawa Tengah

KEBUMEN – Sektor UMKM selama ini sudah terbukti mampu menjadi penyangga perekonomian masyarakat. Untuk itu, DPRD Provinsi Jateng berharap para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Provinsi Jateng Bambang Eko Purnomo dalam kegiatan ‘Sosialisasi Non-Perda’ dengan tema ‘Strategi Pengembangan UMKM Sejalan Peningkatan Daya Tarik Masyarakat guna Ketahanan Ekonomi, Sosial, & Budaya.’ Kegiatan itu dilaksanakan di Balai Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen, Senin (11/9/2023).

Pada kesempatan itu, Bambang mengakui sektor UMKM terus merebak dari tahun ke tahun. Data binaan Diskop UKM Provinsi Jateng per 2019 awal menyebutkan, jumlah pelaku UMKM yang aktif sebanyak 142.738 unit usaha.

“Dengan jumlah usaha sebanyak itu, semua pihak perlu memikirkan soal pengembangan dan pemberdayaannya agar UMKM tersebut dapat terus aktif,” kata Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jateng itu.

Diakuinya pula, saat menjalani usahanya, para pelaku kerap terkendala dengan permodalan dan persaingan usaha. Namun, ia meyakini pemerintah daerah terus berupaya melakukan pendampingan agar pelaku UMKM dapat bersaing dengan pemodal besar.

“Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah seperti pendampingan usaha era digital ke UMKM yang potensial dan mengkutsertakannya ke pameran usaha tingkat provinsi, nasional, dan bahkan internasional. Bagi pelaku UMKM sendiri, kita berharap dapat saling menjalin komunikasi antarusaha dan sejumlah pihak-pihak berkompeten agar usaha dapat terus dijalankan,” kata B.E.P, sapaannya, dihadapan warga desa.

a berharap, dengan adanya pengembangan sektor UMKM, maka usaha warga dapat terus berjalan di tengah sulitnya perekonomian. Harapan besarnya, dengan semakin banyak UMKM, maka semakin tinggi pula semangat masyarakat menekan kemiskinan di daerahnya.

“Kita harus sama-sama berupaya dan menjalin komunikasi agar UMKM dapat beroperasi dan bisa menemukan solusi atas kendala yang dihadapi. Dengan begitu, kita saling mendukung untuk kesejahteraan bersama pula,” tandasnya. (Adv)

BACA JUGA  Desa Wajib Meng-update Data Warga Miskin

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...