Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Stok Darah PMI Temanggung Aman Selama Ramadan

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Stok darah di Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, relatif aman selama Ramadhan 1437 Hijriah.

“Donor darah pada bulan puasa memang berkurang, namun kebetulan permintaan juga turun sehingga masih bisa terpenuhi,” kata petugas Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Temanggung Tasrif di Temanggung, Kamis.

Ia menyebutkan permintaan darah pada kondisi normal sekitar 20 hingga 25 kantong per hari, namun selama Ramadhan ini permintaan darah rata-rata 15 kantong per hari.

“Permintaan darah pada awal Ramadhan ini cenderung turun, namun biasanya mendekati Lebaran permintaan darah lebih banyak,” katanya.

Ia menuturkan stok darah di PMI Temanggung saat ini sebanyak 57 kantong, terdiri atas golongan darah A tujuh kantong, darah B 23 kantong, darah O 10 kantong, dan darah AB 17 kantong.

Menurut dia guna memenuhi stok darah selama Ramadhan, pihaknya melakukan jemput bola di pos donor darah di luar komunitas muslim, seperti di gereja dan wihara.

“Namun, kami juga tetap menyelenggarakan donor darah bagi komunitas muslim, terutama dilakukan pada malam hari.

Ia mengatakan, stok aman darah PMI pada saat Lebaran, minimal per golongan 15 kantong, karena kebutuhan darah saat Lebaran tidak bisa diprediksi.

“Jika kebutuhan meningkat dan kebetulan PMI Temanggung tidak memiliki stok maka kami meminta ke PMI di sekitar Temanggung, seperti Magelang dan sebaliknya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Tujuh Perusahaan Penuhi Panggilan Jaksa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...