Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sumur Jalatunda Dieng, Sumur Terbesar di Indonesia dengan Kedalaman Sekitar 150 Meter

Sumur Jalatunda Dieng

BANJARNEGARA – Selain dengan keindahan alamnya, di Dataran Tinggi Dieng juga terdapat sumur terbesar di Indonesia, tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Sumur itu bernama Sumur Jalatunda.

Kawah Jalatunda berdiameter sekitar 90 meter, sedangkan kedalamannya diperkirakan lebih dari 100-150 meter. Ruang dalam sumur raksasa ini diduga terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Prau Tua.

Kawah ini dulunya merupakan kawah atau kawah letusan hingga mendingin dan membentuk kawah yang dalam. Ruang tersebut diisi dengan air hujan dan kemudian membentuk sebuah sumur.

Sumur itu ditumbuhi rumput liar. Jika Anda menginjak di atas, Anda bisa jatuh ke dalam lubang karena rumput liar tersebut.

Air sumur tersebut berwarna hijau. Air yang berwarna biru atau hijau seringkali memiliki kandungan tembaga yang terlalu tinggi. Air ini bisa menjadi racun bagi tubuh jika tertelan atau bahkan terhirup.



Legenda Sumur Jalatunda Dieng

Nama Jalatunda berasal dari dua kata “jala” dan “tunda”. Jala memiliki arti jaring sedangkan tunda artinya belum terjadi.

Jika dipahami, Sumur Jalatunda berarti sumur yang dapat memenuhi segala permintaan yang tertunda.

Apalagi ada beberapa cerita tentang sumur ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumur ini merupakan pintu gerbang menuju Sapta Pratala (lapisan ketujuh bumi).

Sementara itu, terkait dengan epos Mahabarata, sumur inilah yang menjadi tumpuan Bima saat bertarung melawan naga raksasa.

Menikmati Pesona Keindahan Sumur Jalatunda

Untuk menikmati pesona Jalatunda dengan baik, Anda harus terlebih dahulu menaiki sekitar 257 anak tangga. Begitu sampai di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan indah di sekitar kawasan Sumur Jalatunda Dieng, yang berjarak sekitar 7 km dari objek wisata utama Dataran Tinggi Dieng.

BACA JUGA  Tim SAR Cari Korban Tenggelam Sungai Serayu Banjarnegara

Di lokasi tersebut Anda akan menemukan beragam fasilitas yang tersedia di objek wisata Sumur Jalatunda seperti area parkir, toilet, shelter atau pos pengamatan/gardu pandang.

Saat Anda merasa lapar, di lokasi ini juga tersedia beberapa warung makan dengan harga yang sangat terjangkau.

Sumur Jalatunda terletak di ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl dan berada di wilayah paling barat Dieng. Wisata Sumur Jalatunda bisa Anda temukan dengan menempuh perjalanan 45 menit dari pusat kota Wonosobo.

Sumur Jalatunda terletak di kawasan Dieng 2. Di kawasan ini juga terdapat tempat wisata Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...