Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tarian Golek Montro Dipentaskan Ke Sejumlah Negara

Tarian Golek Montro

SURAKARTA – Tarian Golek Montro merupakan tari penyambutan tamu gaya Mangkunegaran Solo. Tari ini biasanya dipentaskan pada awal acara.

Tari Golek Montro dipercaya sebagai tarian sakral yang harus ditempatkan pada awal acara. Karena di dalam tarian tersebut terdapat rangkaian do’a dan mantra. Sehingga dengan dipentaskannya pada awal acara, diharapkan keseluruhan acara dapat berjalan dengan lancar tidak ada halangan sesuatu apa pun.

Baru-baru ini Pura Mangkunegaran Solo gencar mengenalkan tarian Golek Montro ke dunia internasional. Hal ini sebagai upaya mengenalkan budaya Jawa agar lebih dikenal di negara lain.

Penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengungkapkan, beberapa waktu lalu tarian Golek Montro diperkenalkan pada acara Borneo Cultural Fesival di Malaysia.



“Dalam waktu dekat rencananya Pura Mangkunegaran akan menyajikan tarian dari Departemen Langenpraja di Australia dan Thailand,” katanya, Jumat (29/7/2022).

Ia berharap langkah-langkah yang telah dilakukan dapat turut menggeliatkan sektor pariwisata di Kota Solo. Sebelumnya, tarian Golek Montro juga disajikan di depan para tamu undangan kontingen dari sebelas negara yang akan bertanding dalam ASEAN Para Games 2022 pada pesta makan malam, Kamis (28/7/2022).

“Ini menjadi kesempatan yang baik ya, berkumpul, saling mengenal satu sama lain, silaturahmi. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kegiatan ASEAN Para Games yang diadakan di Solo,” katanya.

BACA JUGA  Sebanyak 20.000 Porsi Sambal Akan Dibagikan Gratis Di Festival Kuliner Solo

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...