Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tata Cara Mandi Besar Setelah Berhubungan di Bulan Ramadhan

Tata Cara Mandi Besar

Bagi umat Islam yang berhadats besar, wajib melaksanakan mandi besar sebelum menjalani puasa Ramadhan. Berikut ini ringkasan tata cara dan niat mandi besar untuk puasa Ramadhan.

Dikutip dari buku ‘Panduan Muslim Sehari-hari’ oleh Dr. KH. M. Hamdan Rasyid, MA, dan Ust. Saiful Hadi El-Sutha, mandi besar atau janabah adalah kewajiban bagi yang berhadats besar, seperti setelah berhubungan intim, keluarnya sperma, atau berhenti darah haid maupun nifas.

Bagi Muslim yang berhadats besar dan berniat berpuasa Ramadhan, disarankan untuk mandi besar terlebih dahulu. Untuk panduan lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai bacaan niat dan tata cara mandi besar puasa Ramadhan.

Wajibkah Mandi Besar Saat Puasa Ramadhan?

Seorang Muslim yang berhadats besar dianjurkan mandi besar sebelum menjalankan puasa Ramadhan. Anjuran ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Surat Al-Maidah ayat 6. Mandi besar disarankan untuk menjaga kesucian dan kesejahteraan spiritual dalam menjalankan ibadah puasa.

Alasan Mengapa Seseorang Harus Mandi Besar

Penyebab seseorang harus mandi besar antara lain keluarnya mani atau sperma, berhubungan badan, dan berakhirnya masa haid atau nifas. Mandi besar tidak hanya membersihkan fisik, tetapi juga mempersiapkan diri untuk kembali menjalankan ibadah, seperti sholat.

Niat Mandi Besar Puasa Ramadhan

Niat mandi besar puasa Ramadhan seharusnya sama seperti niat mandi besar pada umumnya. Bacaan niatnya adalah: “Nawaitul ghusla li rafil hadatsil akbari fardhan lillaahi ta’aala” yang artinya, “Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Besar Puasa Ramadhan

Tata cara mandi besar puasa Ramadhan mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. Beberapa langkahnya antara lain membaca niat, mencuci tangan, melakukan istinja, mengambil wudhu, menyentuh pangkal rambut, membilas kepala, dan membersihkan seluruh tubuh. Pastikan setiap bagian tubuh terkena air, termasuk bagian yang tersembunyi seperti ketiak dan lipatan kulit.

Dengan memahami tata cara dan niat mandi besar ini, diharapkan umat Islam dapat menjalani puasa Ramadhan dengan kesucian dan kesejahteraan spiritual.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...