Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tes Panwascam Kendal Diikuti 159 Peserta

 

pilkadaKENDAL, Jowonews.com – Sebanyak 159 calon Panwascam untuk Pilkada Kendal 2015 mengikuti tes tertulis di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Jumat (29/5) kemarin.

Menurut Ketua Panwaslu Kendal, Supriyadi SH, masyarakat yang mendaftar sebagai Panwascam sebenarnya ada 174 orang. 168 dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Namun saat pelaksanaan tes tertulis digelar, sembilan orang tidak datang mengkuti tes. Mereka juga tidak ada keterangan sama sekali.

“Dari seratus enam puluh delapan pendaftar, sembilan orang yang tidak hadir mengikuti tes tertulis dianggap gugur. Karena tidak ada keterangan sama sekali. Sehingga hanya tinggal 159 orang yang mengikuti tes hari ini,” katanya, Jumat (29/5).  

Supriyadi mengatakan antusias masyarakat Kendal dalam mengikuti tes tertulis sebagai calon panitia pengawas Pilkada Kendal sangat tinggi. Dari sebanyak 159 orang peserta tes akan diambil menjadi 120 orang.

“Nantinya calon anggota Panwascam akan kita ambil enam orang di setiap kecamatan untuk di 20 kecamatan di wilayah Kabupaten Kendal. Dan pengumuman tes tertulis akan kita umumkan pada 30 Mei 2015 besok (hari ini-red),” ujarnya.

Sementara itu, dari 100 soal tes tertulis, peserta diberikan waktu selama 120 menit. Namun dari waktu 120 menit yang diberikan, baru sekitar 30 menit berjalan, hampir semua peserta sudah selesai mengerjakan soal-soal.

Lebih lanjut, Supriyadi menambahkan, peserta yang mengikuti tes tulis harus menyelesaikan 100 soal pilihan ganda yang dibuat oleh Bawaslu Provinsi Jateng. Setelah selesai tes tulis, soal tersebut langsung dimusnahkan dengan cara di bakar agar terjaga kerahasiaan soal tersebut.

”Para calon anggota Panwascam tersebut, setelah menjadi Panwascam akan mengawal tahapan pilkada serta menciptakan iklim kondusif dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal pada 9 Desember 2015 mendatang,” jelasnya.  

BACA JUGA  Gelombang Tinggi, Nelayan Tak Melaut

Tes tulis tersebut adalah bagian dari untuk mencari calon Panwascam yang memiliki wawasan kepemiluan dan berintegritas tinggi. Sehingga, Pilkada Kendal bisa terselenggara sesuai tahapan yang ada, juga berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Salah satu peserta tes tertulis bakal calon Panwascam, Maskuri mengaku saat mengerjakan soal-soal tidak merasa ada kesulitan. Dari sebanyak 100 soal, dia kerjakan hanya dalam waktu satu jam saja dan materinya seputar undang-undang Pemilu. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...