Jowonews

Logo Jowonews Brown

Warga Desa Dorang Jepara Keluhkan Sejumlah Penyakit Akibat Banjir

Banjir Jepara

JEPARA – Warga Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara mulai mengeluhkan sejumlah penyakit akibat banjir yang melanda desa tersebut.

Informasi yang didapat di lapangan, lebih dari 150 orang di sana mengeluhkan sejumlah penyakit, seperti gatal-gatal, pilek, diare, dan meriang.

Warga Dukuh Gempol, Desa Dorang, Faiz mengatakan beragam penyakit itu mulai menyerang sejak dua hari terakhir. Mereka sudah diperiksa di Posko Kesehatan yang tersedia, pagi tadi (4/1/2023).

“Saya minta obat flu banyak. Buat jaga-jaga kalau tetangga ikut sakit juga,” kata Fais, dikutip dari Murianews, Rabu (4/1/2023).



Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Muh Ali mengatakan, sementara ini pihaknya masih mengerahkan petugas kesehatan dari Puskesmas Nalumsari I.

Namun, jika nanti dibutuhkan lebih banyak, pihaknya mengerahkan nakes dari fasilitas kesehatan yang lain.

“Sementara nakes (di Puskesmas Nalumsari I, red) sudah cukup. Kami siapkan obat-obatan sesuai keluhan paling banyak. Seperti pilek, meriang, gatal-gatal, dan diare,” ujar Muh Ali saat meninjau lokasi.

Selain bertempat di posko kesehatan, nakes juga aktif mendatangi permukiman warga yang masih bisa dijangkau kendaraan. Muh Ali mengimbau warga agar tetap menjaga kebersihan. Sebab, salah satu penyakit yang mungkin saja muncul yaitu leptospirosis.

BACA JUGA  Pengerahan Aparat Keamanan Bukan untuk Intimidasi Pedagang¬†Pasar Ngabul

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...