Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

10 Rekomendasi Kuliner Khas Tegal Yang Patut Dicoba

Rekomendasi Kuliner Khas Tegal ini menjadi menu yang harus Anda coba saat mengunjungi Kota Laka-laka. Terdapat banyak kuliner khas Tegal yang bisa dicicipi. Setiap hidangan memiliki keunikan tersendiri dan yang pasti rasanya enak dan lezat.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Tegal, jangan lupa mencoba kuliner khasnya. Berikut ini adalah rekomendasi makanan khas Tegal, yang diambil dari laman Daihatsu.

10 Rekomendasi Kuliner Khas Tegal

Nasi Lengko
Nasi Lengko Tegal

Nasi Lengko terdiri dari nasi, tahu goreng, tempe goreng, kecap, bumbu kacang, mie, irisan timun dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Yang membuat hidangan ini cukup khas yaitu tempe dan tahu yang hanya digoreng setengah matang.

Sate Kemronyos
Sate Kemronyos

Dari namanya, kuliner Tegal ini bisa dibilang cukup unik. Meskipun begitu, makanan ini memiliki lauk yang dapat menggugah selera para pecinta kuliner yang mencobanya. Hidangan ini adalah sate asli daerah Tegal. Yang menarik dari Kemronyos yaitu cara pengolahannya. Jika sate pada umumnya dibakar dengan bumbu, kuliner ini dibakar tanpa bumbu. Sehingga, rasa kambingnya sangat khas.



Nasi Langgi
Nasi Langgi Tegal

Nasi Langgi menjadi hidangan khas dari daerah Tegal yang wajib dicicipi. Nasi ini disajikan dengan suwiran ayam, tempe keripik, ikan asin goreng, sayur labu, dan taburan kacang tanah. Ada juga tambahan telur dadar dan sayuran seperti kemangi serta mentimun.

Latopia
Latopia Tegal

Di Tegal juga terdapat kudapan mirip Bakpia yang dikenal dengan nama Latopia. Meskipun bentuknya cenderung persegi, namun makanan ini hampir sama dengan Bakpia.

Kue Pia yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Tegal hanya tersedia dalam acara tertentu. Namun, kini kue ini mudah didapatkan termasuk di pusat oleh-oleh.



Glotak
Glotak Tegal

Glotak terbuat dari oncom dengan warna hitam kecoklatan. Meskipun begitu, rasanya sangat lezat, gurih, dan pedas.

Olos
Olos Tegal

Olos adalah camilan bulat dengan isian sayuran dan cabai. Meskipun mirip dengan cimol, perbedaannya terletak pada isinya. Ada penjual yang menawarkan isian olos dengan ayam, sosis, keju dan lainnya.

BACA JUGA  Asal-usul Jenang Kudus, Konon Untuk Membangunkan Bocah Yang Mati Suri
Tahu Aci
Tahu Aci Tegal

Kuliner ini menjadi salah satu menu yang tidak boleh dilewatkan. Rasanya gurih, crispy di luar, dan empuk di dalam. Kuliner ini terbuat dari irisan tahu segitiga dengan adonan aci di atasnya.

Gulali
Gulali Tegal

Kuliner ini terbuat dari gula Jawa dan gula tebu. Rasanya legit dan manis, cocok untuk pencinta kuliner manis.

Blendung

Kuliner ini terbuat dari jagung yang direbus dan disajikan bersama parutan kelapa yang dikukus. Parutan kelapa diberi garam sebagai penambah rasa gurih.



Kupat Bongkok
Kupat Bongkok Tegal

Kupat Bongkok diolah dari tempe semangit atau tempe busuk dengan isian tauge, udang goreng, sambal goreng, dan kerupuk.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...