Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

5 Perguruan Tinggi Negeri di Solo, Biaya Kuliahnya Terjangkau

Perguruan Tinggi Negeri di Solo

Perguruan tinggi negeri yang terletak di Solo dengan biaya kuliah yang terjangkau dapat menjadi opsi yang menarik bagi mereka yang ingin melanjutkan studi. Biaya yang ekonomis tentunya menjadi pertimbangan penting bagi calon mahasiswa.

Perguruan tinggi negeri di Solo dengan biaya yang ekonomis menjadi impian bagi setiap calon mahasiswa. Didukung dengan biaya hidup yang terjangkau di Kota Solo, akan memperketat persaingan untuk diterima di dalamnya.

Perguruan Tinggi Negeri di Solo

Universitas Terbuka Surakarta
Universitas Terbuka Surakarta

Bagi sebagian orang, Universitas Terbuka Surakarta mungkin masih terdengar asing terutama bagi mereka yang tinggal di Kota Solo. Namun, UPBJJ-UT Surakarta adalah salah satu universitas negeri di kota tersebut.

UT Surakarta merupakan unit teknis dari Universitas Terbuka yang berlokasi di Kota Solo. Fungsinya adalah sebagai tempat mahasiswa melakukan kegiatan administratif dan akademik. UT Surakarta juga bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar jarak jauh sehari-hari.

Sesuai dengan konsep Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), kuliah di UT Surakarta dilakukan secara daring tanpa harus bertemu langsung. Oleh karena itu, UT Surakarta tidak memiliki gedung yang besar seperti perguruan tinggi negeri lain di Kota Solo.

Saat ini, UT Surakarta memiliki 5 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Pascasarjana.

UPBJJ-Universitas Terbuka Surakarta dapat ditemukan di Jalan Raya Solo-Tawangmangu No.KM. 9.5 57554.

Telp (0271) 822629.
Situs: surakarta.ut.ac.id



Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta

IAIN Surakarta sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Islam pada Kota Solo yg didirikan dalam 12 September 1992. Awal berdiri IAIN Surakarta masih bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta.

BACA JUGA  Festival Kuliner Solo, Mencicipi Kreasi Kuliner Tradisional yang Menggugah Selera

Sejak 3 Januari 2011 STAIN Surakarta berubah nama sebagai Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Saat ini IAIN Surakarta telah mempunyai 6 fakultas dengan beragam program studi, yakni Fakultas Ushuluddin & Dakwah, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Fakultas konomi & Bisnis Islam, Fakultas Adab & Bahasa, Pasca Sarjana.

IAIN Surakarta beralamatkan pada Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo.

Telp 0271-781516
Situs: iain-surakarta.ac.id

Poltekkes Kemenkes Surakarta
Poltekkes Kemenkes Surakarta

Poltekkes Kemenkes Surakarta merupakan sebuah UPT dari Kementerian Kesehatan yang berada di bawah naungan Badan PPSDM Kesehatan. Terdapat dua jenjang pendidikan di Poltekkes Kemenkes Surakarta, yakni diploma III dan diploma IV.

Untuk program studi diploma III terdiri atas Kebidanan, Keperawatan, Akupunktur, Fisioterapi, Ortotik Prostetik, Okupasi Terapi, Terapi Wicara, Jamu, Anafarma, dan Farmasi.

Sedangkan program studi diploma IV meliputi Kebidanan, Keperawatan, Fisioterapi, Akupunktur, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, dan Terapi Wicara.

Alamat Poltekkes Kemenkes Surakarta terletak di Jalan Letjend Sutoyo Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Telp: (0271) 856929
Situs: poltekkes-solo.ac.id



Institut Seni Indonesia Surakarta
Institut Seni Indonesia Surakarta

PTN ini sesuai untuk mereka yang tertarik dengan hal-hal di bidang seni. ISI Surakarta merupakan salah satu dari 7 lembaga seni di Indonesia. Menurut SK Nomor 363/SK/BAN PT/Akred/PT/V/2015 tanggal 9 Mei 2015, Institut Seni Indonesia Surakarta saat ini memiliki akreditasi B. ISI Surakarta hanya memiliki 2 fakultas.

Pertama, Fakultas Seni Pertunjukan, yang terdiri dari 4 jurusan, yaitu pendalangan, etnomusikologi, tari, dan karawitan.

Kedua, Fakultas Seni Rupa dan Desain, yang terdiri dari 4 jurusan, yaitu kriya seni, desain, seni media rekam, dan seni rupa murni.

Institut Seni Indonesia Surakarta terletak di Ki Hajar Dewantara Nomor 19, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Telp (0271) 647658
Situs: isi-ska.ac.id

BACA JUGA  DPRD Minta KPU Jalankan Tahapan Pemilu dengan Baik dan Benar
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS menjadi perguruan tinggi negeri terbaik di Kota Solo. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 11 Maret 1976 setelah menggabungkan beberapa perguruan tinggi di Kota Solo. UNS mempunyai ribuan mahasiswa yang terdiri dari program diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Saat ini, UNS mempunyai 11 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keolahragaan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Fakultas Teknik.

UNS terletak di Jalan Ir Sutami Nomor 36, Kentingan, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Telp (0271) 646994
Situs: uns.ac.id

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...