Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Gumedhe, Jaga Sikap Jangan Sombong

Aja Gumedhe, Jaga Sikap Jangan Sombong

Aja Gumedhe merupakan pitutur luhur yang melarang seseorang untuk bersikap sombong dan sok menunjukkan kelebihannya saat memiliki segala sesuatu yang tak dimiliki orang lain. Selain tidak terpuji sikap ini juga bisa merugikan diri sendiri. Kita tidak pernah tahu, bisa jadi orang yang kita pameri kelebihan kita tersebut lebih baik segalanya dari yang kita punya.

Bersikap wajar dan sederhana jauh lebih baik. Sikap gumedhe umumnya mendorong seseorang untuk merendahkan atau meremehkan orang lain. Akibatnya, orang-orang pun lebih senang menghindar daripada menimbulkan sakit hati.



Arti dalam bahasa Jawa

Aja Gumedhe mujudake pitutur kang adi luhung kang nglarang wong gumedhe lan ethok-ethok nuduhake kaluwihane nalika nduweni samubarang kang ora diduweni wong liya. Saliyane ora jujur, sikap iki uga bisa ngrusak awake dhewe. Kita ora ngerti, bisa uga wong sing kita pamerake kekuwatan kita luwih apik tinimbang sing kita duwe.

Dadi alam lan prasaja luwih apik. Sikap gumedhe umume nyengkuyung wong kanggo ngremehake utawa ngremehake wong liya. Akibaté, wong uga luwih seneng nyingkiri tinimbang nyebabake lara.

BACA JUGA  Aja Getunan, Terima dengan Ikhlas Apa yang Telah Terjadi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...