Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Kegedhen Rumangsa, Jangan Merasa Lebih

Aja Kegedhen Rumangsa

Aja Kegedhen Rumangsa artinya jangan senang merasa besar. Orang yang merasa besar itu tidak akan bisa masuk di mana saja. Merasa bisa yang terlalu besar itu akan menyebabkan semua menjadi sesak. Dilogiskan dengan penalaran orang lain, tidak bisa diterima karena tidak cocok, sehingga ditolak. Disampaikan kepada orang lain, dianggap berlebihan, ditertawakan, sehingga juga ditolak. Sebaliknya kita juga tidak boleh merasa terlalu kecil. Kalau kita merasa terlalu kecil, segala sesuatu menjadi mudah patah semangat. Orang menjadi mudah kecil hati, tidak pemberani, tidak memiliki tekad yang kuat.

Intinya pitutur luhur ini mengajarkan bahwa kegedhen rumangsa “merasa besar” dan keciliken rumangsa “merasa kecil” sama-sama tidak baik. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa selalu mengutamakan keseimbangan. Segala sesuatu yang kebangetan “berlebihan” pasti tidak baik bagi kehidupan. Sebaiknya segala sesuatu dalam porsi yang seimbang.



Arti dalam bahasa Jawa

Aja Kegedhen Rumangsa tegese aja seneng rumangsa gedhe. Wong sing rumangsa gedhe ora bakal bisa mlebu ing ngendi wae. Rumangsa yen racune gedhe banget bakal njalari kabeh dadi kenceng. Logis karo nalar wong liya, ora bisa ditampa amarga ora cocog, mula ditolak. Diwenehake marang wong liya, dianggep kakehan, dipoyoki, semono uga ditolak. Ing sisih liya, kita kudu ora rumangsa cilik banget. Yen kita rumangsa cilik banget, kabeh dadi gampang pundung. Wong dadi gampang pundung, ora wani, ora duwe tekad sing kuat.

Intine pitutur luhur iki mulangake yen gedhe rumangsa “ngrasa gedhe” lan cilik iken rumangsa “cilik” iku loro-lorone ora becik. Ing padintenan, wong Jawa tansah ngutamakake keseimbangan. Apa wae sing kakehan “keluwih-luwih” mesthi ora becik. urip, soko ing imbangan.

BACA JUGA  Adol Lenga Kari Busike

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...