Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Kumalungkung, Jangan Merasa Lebih Dari Orang Lain

Aja Kumalungkung

Aja Kumalungkung artinya jangan merasa lebih dari orang lain. Setiap orang pada hakikatnya sempurna dalam kemanusiaannya. Artinya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila ia memiliki kelebihan, pasti ia memiliki kekurangan.

Dengan kesempurnaan manusiawi tersebut, Pitutur luhur ini menggariskan bahwa sebenarnya tidak ada orang yang lebih dari orang lain. Oleh karena itu, tidak pantas seseorang merasa lebih dari orang lain. Yang terbaik bila saling menyadari kelebihan dan kekurangan, kemudian bersama-sama untuk menggunakannya dalam kebaikan.



Arti dalam bahasa Jawa

Aja Kumalungkung tegese aja rumangsa luwih saka wong liya. Saben uwong pancen sampurna ing kamanungsane. Iki tegese saben wong duwe kaluwihan lan kekurangane dhewe-dhewe. Yen duwe kaluwihan, mesthi ana kekurangane.

Kanthi kasampurnan manungsa menika, Pitutur ingkang luhung menika negesi bilih sejatosipun boten wonten tiyang ingkang ngungkuli sanesipun. Mula, ora pantes yen wong siji rumangsa luwih unggul tinimbang wong liya. Saenipun menawi sami mangertos kekiyatan saha kekiranganipun piyambak-piyambak, lajeng gotong-royong ngginakaken kabecikan.

BACA JUGA  Pitutur Luhur Jawa: Agama Ageming Aji

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...