Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Nglalekake Jejering Kemanungsan

Aja Nglalekake Jejering Kemanungsan

Aja Nglalekake Jejering Kemanungsan artinya janganlah kita lupa akan diri kita sebagai manusia. Nasihat bijak ini memuat makna filosofis yang sangat mendalam. Manusia tidak hidup dalam kesendirian di dunia ini. Ia bersama-sama dengan alam semesta dan berbagai makhluk yang lain. Selain itu, manusia juga adalah ciptaan Tuhan yang harus memberikan pengabdian sesuai dengan takdirnya masing-masing. Manusia memiliki hubungan yang erat dengan segala sesuatu yang ada di alam, sesuai dengan peran dan kedudukannya masing-masing.

Karena itu, dalam tradisi budaya Jawa, disampaikan bahwa setiap manusia harus memiliki “darma bakti” untuk menjalani hidupnya dengan penuh makna dalam kerangka kehidupan alam yang luas ini. Mereka memiliki tanggung jawab dan kewajiban mulia untuk merawat dan melestarikan lingkungan di sekitarnya. Manusia adalah pihak yang bertanggung jawab atas kelestarian alamnya, dan oleh karena itu, tidak seharusnya bertindak sewenang-wenang.

Aja Nglalekake Jejering Kemanungsan

Aja Nglalekake Jejering Kemanungsan tegese aja lali awake dhewe minangka manungsa. Pitutur sing wicaksana iki ngandhut makna filosofis sing jero banget. Manungsa ora urip dhewe ing donya iki. Dheweke bebarengan karo alam semesta lan macem-macem makhluk liyane. Kajawi saking punika, manungsa ugi dados titahipun Gusti ingkang kedah paring pangabdian manut takdiripun piyambak-piyambak. Manungsa nduweni sesambungan kang raket karo samubarang kang ana ing alam, miturut kalungguhan lan kalungguhane.

Mula ing tradhisi kabudayan Jawa, saben manungsa kudu nduweni “dharma pengabdian” supaya bisa urip kanthi makna sajrone kerangka alam kang jembar. Dheweke duwe tanggung jawab lan kewajiban sing mulya kanggo njaga lan njaga lingkungan sekitar. Manungsa minangka pihak sing tanggung jawab kanggo nglestarekake alam, mula kudune ora tumindak sembarangan.

BACA JUGA  Aja Dahwen Yen Kepengin Kajen, Jangan Suka Menghina Kalau Tak Ingin Dicela

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...