Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Alakathak, Pesona Kuliner Khas Sukoharjo yang Hanya Ada Saat Kliwon dan Pon

Alakathak

SUKOHARJO – Siapa yang tahu kuliner alakathak? Mungkin sebagian besar dari kita belum pernah mendengar nama makanan yang satu ini. Namun, alakathak, kuliner khas Sukoharjo, ternyata menyimpan kelezatan yang mampu menggoda selera.

Tak seperti makanan populer lainnya, alakathak hanya muncul di pasar pada hari-hari tertentu, yaitu setiap Kliwon dan Pon di Pasar Tawangkuno, Sukoharjo. Ini membuat para penikmat kuliner harus bersabar menanti momen spesial untuk menikmati hidangan yang satu ini.

Dari informasi yang dirangkum dari Nuansa Persada dan Makanan Khas Jawa Tengah, alakathak merupakan sajian istimewa dari Kecamatan Weru, Sukoharjo. Meskipun belum begitu terkenal di telinga banyak orang, alakathak telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi kuliner masyarakat setempat.

Keistimewaan alakathak tidak hanya terletak pada rasa lezatnya, melainkan juga pada proses pembuatannya yang melibatkan sentuhan tradisional. Tempe olahan dari koro benguk, mie dari tepung kanji, semuanya melalui tahapan rumit yang membuatnya begitu unik.



Proses dimulai dengan merebus koro benguk hingga matang, kemudian merendamnya selama beberapa hari. Benguk kemudian dikukus, dihaluskan, dan dibungkus dengan daun jati atau daun pisang. Semua langkah ini tetap menggunakan metode tradisional, memberikan sentuhan khas yang sulit ditemui di hidangan lain.

Mie pendamping alakathak juga memiliki cerita tersendiri. Dibuat dari tepung kanji yang dicampur dengan air mendidih, kemudian dipipihkan dan direbus hingga mengapung. Tekstur kenyal mie ini menambahkan kesan istimewa saat disantap bersama alakathak.

Tak heran, meski hanya dijual pada hari-hari pasaran tertentu, banyak orang yang rela datang dari jauh untuk mencicipi kuliner khas Sukoharjo ini. Harga yang terjangkau, mulai dari Rp500, membuat alakathak semakin menarik bagi para pecinta kuliner lokal.

BACA JUGA  Tempe Mendoan Banyumas, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Jadi, jika kamu berkesempatan berkunjung ke Sukoharjo, pastikan untuk tidak melewatkan kesempatan emas menikmati kelezatan alakathak. Sebuah pengalaman kuliner yang sulit untuk dilupakan!

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...