Jowonews

Logo Jowonews Brown

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Berdasarkan Primbon Jawa

Jowonews.com – Apakah kamu pernah merasakan kedutan di mata? Jika pernah mengalami kedutan mata kiri bawah, tentu hal ini adalah kejadian yang lumrah terjadi. Menurut medis arti kedutan mata kiri bawah bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah pola hidup yang tak sehat, antara pola istirahat yang tidak teratur atau kurang tidur.

Namun dalam kepercayaan masyarakat Jawa, kedutan mata kiri bawah bisa jadi pertanda dikehidupan kamu yang akan datang. Menurut primbon Jawa ada, ada beberapa arti ketika kedutan itu terjadi di bagian mata bagian kiri bawah.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah menurut primbon Jawa
Ilustrasi Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa. Foto: istockphoto

Berikut beberapa arti kedutan mata kiri bawah berdasarkan Primbon Jawa yang dirangkum dari berbagai sumber. Kedutan tersebut ada yang mengartikan akan terjadi sesuatu yang positif dalam kehidupan, ada pula yang menyatakan sebaliknya.

Rezeki Berkecukupan

Makna kedutan mata kiri bawah menurut Kitab Primbon Jawa Serbaguna (R. Gunasasmita) adalah orang yang mengalami kedutan akan merasakan rezeki yang berkecukupan.

Kebahagiaan dalam Hidup

Menurut Hidayatul Aini dalam buku Primbon Wanita, arti kedutan mata kiri bawah jadi pertanda bahwa orang yang mengalami kedutan akan mendapatkan kebahagiaan dalam hideup. Hal senada juga diungkapkan oleh N.A. Srimaya. Menurutnya kedutan mata kiri bawah menandakan seseorang yang mengalami kedutan akan mendapatkan kebaikan dalam hidupnya.

Bertemu Calon Kekasih

Pendapat lainnya juga diungkapkan oleh D. Raditya dalam buku Tafsir 1672 Mimpi. Makna kedutan mata kiri bawah jadi pertanda bahwa seseorang yang meengalami kedutan akan segera bertemu calon kekasih.

Berjumpa dengan Teman Lama

Mitos lainnya terkait tanda kedutan mata kiri bawah adalah akan segera berjumpa dengan teman lama. Pertemuan dengan teman lama bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Apalagi dapat mengenang kedekatan dan kebersamaan di masa lalu.

Mimpi Terwujud

Tanda kedutan mata kiri bawah lainnya adalah bahwa cita-cita atau mimpi seseorang yang mengalami kedutan akan segera terwujud. Tentunya dengan diiringi usaha dan doa.

BACA JUGA  Primbon Haid Berdasarkan Kepercayaan Masyarakat Jawa
Menemukan Barang yang Hilang

Arti dari kedutan mata kiri bawah juga menandakan akan kembali menemukan barang yang pernah hilang. Menemukan kembali barang yang hilang bisa menjadi rezeki tak terduga.

Tanda Akan Jatuh Sakit

Selain pertanda positif, kedutan mata kiri bawah menurut primbon juga bisa jadi pertanda negatif. Tanda kedutan mata kiri bawah memiliki arti bahwa pemilik kedutan akan terserang demam, sehingga aktivitas sehari-hari akan terganggu. Hal ini dapat diwaspadai dengan menerapkan pola hidup sehat. Sehingga firasat kedutan mata kiri bawah ini tak terjadi.

Dikecewakan Orang yang Dicintai

Selain secara fisik sakit, kedutan mata kiri bawah menurut primbon Jawa juga berarti akan ada sakit yang menyerang perasaan. Rasa sakit tersebut adalah sakit hati yang dapat membuat pemilik kedutan akan sedih dan menangis. Untuk itulah tetap jaga hati dan perasaan kamu untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Hal paling penting adalah selalu berusaha untuk berpikir positif.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah dari Berbagai Negara

Ilustrasi Arti Kedutan Mata Kiri Bawah dari Berbagai Negara
Ilustrasi Kedutan Mata Kiri Bawah dari Berbagai Negara. Foto: istockphoto

Ternyata tidak hanya masyarakat di Jawa yang meyakini bahwa tanda kedutan di mata kiri bawah memiliki arti akan terjadi sesuatu. Tapi negara-negara lain juga memiliki mitos terkait makna kedutan mata kiri bawah tersebut. Berikut arti kedutan mata kiri bawah di beberapa negara.

Mitos Kedutan Mata Kiri Bawah di India

Di India, kedutan mata kiri bagian dipercaya sebagai pertanda yang kurang menguntungkan. Namun, arti pertanda ini bisa berbeda berdasarkan jenis kelamin.

Jika yang mengalami kedutan adalah perempuan, maka kedutan tersebut sebagai suatu pertanda yang baik. Sebaliknya apabila terjadi pada laki-laki, maka hal itu bisa jadi kabar buruk bagi dirinya.

BACA JUGA  Menurut Primbon Rejeki, Orang Yang Lahir di Weton Ini Akan Tajir Melintir
Mitos Kedutan Mata Kiri Bawah di China

Berkebalikan dengan India, Apabila mengalami kedutan di mata kiri bagian bawah bisa menjadi pertanda akan datangnya keberuntungan yang besar. Bahkan digambarkan keberuntungan itu sebagai hujan emas. Meskipun demikian, ada juga sebagian kelompok masyarakat negeri tirai bambu tersebut meyakini bahwa kedutan di mata kiri bagian bawah sebagai pertanda musibah yang membuat pemilik kedutan menangis.

Mitos Kedutan Mata Kiri Bawah di Wilayah Afrika

Senada dengan India, Sebagian masyarakat di wilayah Afrika juga meyakini arti dari kedutan mata kiri bawah adalah pertanda kurang baik. Orang Nigeria mayakini kedutan di bagian mata kiri bawah merupakan tanda datangnya kesialan.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Medis

Ilustrasi Arti Kedutan Mata Kiri Bawah dari Tinjauan Medis.
Ilustrasi Kedutan Mata Kiri Bawah dari Tinjauan Medis. Foto: istockphoto

Jika sebelumnya telah kita bahas primbon kedutan mata kiri bawah berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa dan dari berbagai negara, selanjutnya seperti apa makna kedutan mata kiri bawah berdasarkan tinjauan medis?

Berikut penjelasan kedutan mata kiri bawah dari sisi medis yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pola Hidup Kurang Sehat

Kedutan mata kiri bawah dapat terjadi sebagai pertanda bahwa kurang melakukan pola hidup yang sehat. Beberapa contoh diantaranya stres, konsumsi kafein yang berlebihan, kurang tidur/ istirahat, dan konsumsi alkohol. Akibatnya kamu dapat mengalami kedutan di bagian mata.

Hemificial Spasm

Kedutan terjadi disebabkan kondisi di mana tekanan arteri pada saraf mengalami gangguan, sehingga otot wajah mengalami kejang secara spontan.

Essential blepharospasm

Kedutan terjadi karena gangguan mata yang disebut blefarospasme esensial. Pada umumnya kondisi ini ditandai dengan mata yang terus berkedip yang disebabkan kejang otot di sekitar mata.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan kedutan di mata bagian bawah sebelah kiri. Ada baiknya segala sesuatu dikembalikan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita senantiasa diberikan keselamatan dan keberuntungan dalam kehidupan.

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...