Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Es Puter Conglik Semarang, Legendaris dan Rasanya Eksotis

Es Puter Conglik Semarang

Jika ditanya mengenai saran makanan yang enak di Kota Semarang, mungkin sudah umum jika jawaban yang populer adalah tahu gimbal atau lumpia. Namun, adakah saran pilihan lain yang juga menjadi salah satu kuliner khas Semarang?

Jawabannya ada. Cobalah untuk mengunjungi kedai Es Puter Conglik. Sebuah kedai es puter yang bersejarah di Semarang. Tempatnya terletak di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Karangkidul, Semarang Tengah.

Perihal jam operasional kedai ini, mungkin akan terasa aneh bagi sebagian orang. Es Puter Conglik buka saat waktu malam tiba. Tetapi setelah kamu merasakan kelezatan es puter ini, kamu baru akan menyadari bahwa es ini dapat dinikmati dalam segala kondisi, termasuk malam hari. Es Puter Conglik memiliki rasa yang benar-benar memanjakan lidah.

Asal Mula Penamaan Es Puter Conglik

Es puter ini telah ada sejak tahun 1982. Penciptanya bernama Sukimin, yang biasa dipanggil “kacung cilik”, karena sejak kecil ia bisa mencari uang sendiri. ¬†Saat dia memulai usaha jualannya, banyak orang kemudian memanggilnya dengan sebutan “conglik”. Pada awalnya Sukimin berjualan disekitar Pecinan sambil membawa gerobak kecil.

Sementara itu, metode pembuatan dan resep es krim buatannya merupakan warisan dari salah satu orang Belanda yang pernah ia temui sebelumnya.

Perbedaan Es Puter dengan Es Krim Modern

Es puter khas Semarang memiliki keunikan yang membedakannya dari berbagai jenis es krim modern yang sering kita jumpai saat ini, yaitu cara pembuatannya yang masih menggunakan metode tradisional.

Bahan-bahan es krim itu ditempatkan ke dalam sebuah tabung besar dan kemudian disekitar tabung itu tambahkan dengan garam krosok agar tetap dingin dalam jangka waktu yang lebih lama.

BACA JUGA  Brongkos Kikil Menggoro Temanggung, Kuliner Pelosok yang Selalu Diburu

Selain itu, jika es krim pada umumnya menggunakan campuran tepung, es puter tidak menggunakan bahan tersebut. Bahan-bahannya dibuat dari kelapa dan gula alami.

Ragam Rasa Es Puter Semarang

Ada empat variasi yang bisa Anda pesan. Mulai dari coklat, alpukat, kelapa hingga durian. Anda juga dapat memadukan berbagai varian tersebut sesuai keinginan. Rasa Es Puter Conglik Semarang ini tidak kalah dengan es krim modern.

Dibuat dengan metode tradisional, es puter ini memiliki rasa yang khas dengan tekstur yang agak kasar saat dikunyah. Namun hal ini akan menghadirkan pengalaman berbeda dan unik saat dinikmati. Rasanya lezat dan terasa meleleh di mulut dengan perpaduan rasa manisnya yang pas.

Es puter ini akan terasa semakin lezat apabila ditambahkan dengan berbagai pilihan toping. Porsi yang disajikan juga sangat melimpah, baik untuk es, maupun berbagai macam topingnya yang beragam. Mulai dari mutiara, roti, hingga sirup. Selain itu, pelanggan juga dapat menambahkan toping durian.

Tertarik untuk datang ke sini? Silahkan untuk mengunjungi kedainya setelah pukul 6 sore sampai jam 11 malam. Jika akhir pekan tiba, pengunjungnya akan sangat banyak. Oleh karena itu, disarankan untuk datang sekitar jam 6 atau 7 malam, setelah kedai es puter ini mulai beroperasi. Satu porsi es puter conglik dihargai 20 ribu hingga 30 ribu sesuai dengan verian yang diinginkan.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...