Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gethuk, Kue Tradisional Khas Jawa Tengah Penggugah Selera

Jowonews.comGethuk adalah salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang dibuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon. Kota Magelang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang populer memproduksi makanan ringan yang memiliki rasa manis dan gurih ini. Seiring berjalannya waktu makanan tradisional ini terus mengalami inovasi, baik dari segi rasa maupun tampilannya. Maka tak heran jika gethuk digemari masyarakat dari berbagai latar belakang karena makanan ini tak lekang zaman.

Asal Mula atau Sejarah Gethuk

Makanan olahan dari singkong ini tercipta bermula pada zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Pada saat itu beras sebagai makanan pokok sulit untuk didapatkan. Sehingga masyarakat kemudian beralih ke ketela atau singkong sebagai makanan pokok karena mudah ditemukan.

Pada awalnya olahan gethuk dilakukan dengan cara paling sederhana, yakni hasil kukusan atau rebusan singkong ditumbuk dan diberikan perasa. Biasanya diberi rasa manis atau asin.

Namun kemudian dari segi pengolahan terus mengalami inovasi. Salah satunya dilakukan oleh Ali Mohtar dari desa Karet Magelang. Ia mengukus singkong dan kemudian menghaluskan singkong tersebut dengan gula. Hingga kemudian terciptalah Gethuk Lindri. Pada awalnya penghalusan singkong dilakukan secara manual yakni ditumbuk menggunakan lesung.

Karena keinginan untuk memproduksi gethuk dalam jumlah banyak, pada tahun 1985, Ali Mohtar berhasil membuat teknologi penghalus singkong. Sehingga proses pembuatan gethuk dapat dilakukan dalam waktu yang lebih cepat. Setelah Ali Mohtar wafat, usaha gethuknya diteruskan oleh keturunannya.

Filosofi Gethuk Singkong

Berbahan dasar singkong dan tercipta saat zaman penjajahan Jepang, gethuk memiliki filosofi kesederhanaan. Selain itu karena gethuk terbuat dari bahan yang mudah didapatkan dan proses pengolahannya yang cukup sederhana, juga mengajarkan agar kita selalu bersyukur atas apa terhadap apa saja yang kita miliki. Makanan olahan singkong ini juga mengajarkan agar kita selalu berinovasi dengan memanfaatkan sumber daya paling sederhana di sekitar kita untuk menjadikannya lebih bermanfaat dan bermartabat.

BACA JUGA  Resep Tempe Kemul Wonosobo, Dijamin Gurih dan Kriuk

Proses terciptanya gethuk juga memberikan hikmah bahwa inovasi pangan dapat dijadikan alternatif pilihan ketika kelangkaan pangan terjadi dimana-mana.

Jenis-jenis Gethuk Singkong

Gethuk dalam perkembangannya sendiri telah memiliki berbagai janis, antara lain Gethuk Lindri, Gethuk Sukun, Gethuk Trio, Gethuk Kethek.

Gethuk Lindri

Gethuk Lindri
Gethuk Lindri Asal Magelang | Foto: sajiansedap.grid.id

Gethuk ini sangat mudah ditemui di daerah Magelang, Yogyakarta atau Semarang. Secara tampilan gethuk lindri berwarna-warni, sehingga lebih menarik perhatian. Selain itu gethuk lindri biasanya juga ditambahkan aroma, ditaburi gula dan parutan kelapa.

Ciri utama dari gethuk lindri adalah berbentuk mirip mie bertumpuk-tumpuk. Hal ini karena proses pembuatannya dengan cara ditekan.

Gethuk Trio

Getuk Trio
Gethuk Trio asal Magelang | Foto: Kompas.com

Gethuk ini juga menjadi salah satu varian makanan olahan singkong populer dari Magelang. Ciri khas dari gethuk trio adalah terdiri dari tiga warna berbentuk seperti kue lapis. Tekstur gethuk trio sangat halus dan lembut karena singkong ditumbuk sempurna. Rasa gethuk trio sangat gurih dan nikmat karena tambahan santan dalam proses pembuatannya. Dalam penyajiannya, biasanya gethuk trio dikemas dalam plastik dan ditata rapai dalam kotak kue, sehingga gethuk ini sangat menarik dijadikan sebagai oleh-oleh.

Gethuk Kethek

Gethuk Kethek
Gethuk Kethek | Foto: Tribunnews.com

Gethuk asal Salatiga ini terbuat dari adonan singkong yang sudah pulen. Adonan singkon pulen tersebut kemudian dibentuk kotak yang tersekat-sekat.

Gethuk Gulung

Gethuk Gulung
Gethuk Gulung | Foto: Resep Gulaku

Gethuk Gulung. Gethuk ini hadir dengan kreasi kekinian. Gethuk gulung memiliki aneka rasa dan warna, dan ditambahkan topping di atasnya. Topping ini pun sangat beragam sesuai dengan selera anak muda masa kini. Mulai dari cokelat, keju, meses dan lainnya.

Gethuk Goreng

Gethuk Goreng
Gethuk Goreng asal Banyumas | Foto: Resepkoki.id

Gethuk asal Banyumas ini terbuat dari campuran singkong dan gula merah. Selanjutnya gethuk ini dibentuk bulat-bulat dan digoreng kering. Sehingga rasanya jadi renyah. Gethuk ini sangat mudah dijumpai di sentra oleh-oleh Banyumas. Dalam penyajiannya gethuk goreng biasanya dikemas dalam besek bambu.

BACA JUGA  Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Dijamin Mantul

Dari berbagai jenis gethuk di atas kamu lebih suka yang mana? Apapun gethuknya dijamin rasanya gurih dan lezat. Cocok untuk teman minum teh atau pun kopi.

Nah, itulah sejarah gethuk, filosofi gethuk, jenis gethuk yang kini sudah kamu ketahui. Semakin bangga dengan makanan tradisional dan lokal.

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...