Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jateng Siap Dorong Pengembangan Potensi Jamu

jamuMagelang, Jowonews.com – Pemprov Jawa Tengah bertekad menggerakkan jamu sebagai bagian dari pariwisata, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Parivisata Pemprov Jateng Prasetyo Ariwibowo.

Ia mengatakan hal tersebut pada pembukaan Festival Jamu dan Kuliner Jateng yang berlangsung pada 5-7 Juni 2015 di Alun-alun Magelang. “Kekayaan utama budaya jamu di Indonesia, paling banyak di Jateng mulai dari produksinya, pelakunya, dan industrinya. Jadi akan kita jaga dalam agenda tahunan festival jamu dan kuliner ini sebagai salah satu unggulan Jateng, katanya di Magelang, Jumat (5/6) malam.

Penyelenggaraan festival jamu dan kuliner Jawa Tengah bertujuan mendorong dan mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat dalam memproduksi berbagai jamu dan kuliner. Ia menuturkan peserta terdiri atas 33 kabupaten/kota di Jateng, 14 anggota gabungan pengusaha jamu dan pihak swasta terkait. Selanjutnya festival kuliner terdiri atas produk yang dipamerkan makanan dan minuman inovasi jamu.

“Selain itu, festival juga mendorong terciptanya inovasi, aktivitas ekonomi, dan budaya masyarakat dalam usaha untuk mengembangkan jamu dan kuliner sebagai makanan olahan yang menarik dan mempunyai nilai jual bagi wisatawan,” katanya.

Pemprov Jateng hanya memfasilitasi agar produk jamu itu makin sehat di masyarakat, maka ada pojok konsultasi sebagai salah satu tempat untuk bertanya apapun tentang jamu. “Kami ingin menggerakkan jamu sebagai bagian dari wisata. Orang berwisata tidak hanya ngomong jamu, dulunya pahit, obat, tetapi jamu sebagai sesuatu yang menghibur dan produk turunannya tidak hanya jamu, tetapi ada kuliner dan minuman. Jadi kegiatan ini sebagai upaya dari peningkatan pariwisata,” jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang membuka festival tersebut, mengharapkan festival jamu dan kuliner itu diselenggarakan setiap tahun dengan tempat penyelengagraan bergilir di tiap kabupaten/kota. “Kalau jamunya piknik yang datang juga ikut piknik, ada silaturahmi juga mengangkat potensi yang ada di kabupaten/kota tersebut,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Jumat Besok, Pertalite Hadir di Semarang

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...