Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jenang Lot Karya Sari, Jenang Kenyal Oleh-oleh Khas Magelang

Jenang Lot Karya Sari

MAGELANG – Kabupaten Magelang selain menyajikan pesona alam yang memikat, juga memiliki kuliner khas yang patut untuk dicoba. Selain gethuk, di Magelang juga terdapat Jenang Lot yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras ketan, gula pasir, gula Jawa, dan santan ini memiliki rasa manis dengan tekstur padat dan kenyal.

Salah satu produsen Jenang Lot yang terkenal di Magelang adalah Karya Sari yang dirintis sejak tahun 2002 silam. Usaha ini didirikan Mbah Syamsuri, warga Dusun Bojong, Desa Mendur, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Jenang Lot buatan Mbah Syamsuri ini mulai populer saat ada keluarga dari luar Jawa yang mudik, kemudian menjadikan Jenang Lot ini sebagai buah tangan. Saat itulah mulai banyak yang mencicipi dan banyak yang mengatakan bahwa Jenang Lot rasanya sangat enak.



Cucu Mbah Syamsuri, Vina Kusumaningrum mengungkapkan, pada awalnya kakeknya membuat jenang hanya untuk konsumsi pribadi dan keluarganya saja.

Jenang Lot Mbah Syamsuri ini lalu dikembangkan dan dijadikan usaha keluarga oleh anak dan cucunya untuk dijual sebagai oleh-oleh khas Magelang.

Seiring perkembangan waktu, Jenang Lot Karya Sari ini tak hanya menjual jenang saja, melainkan juga menjual wajik dan krasikan.

Salah satu hal menarik dari Jenang Lot Karya Sari ini adalah menggunakan peralatan tradisional dalam proses pembuatannya.

“Bahan bakunya kami buat sendiri, mulai dari beras yang kami giling sendiri agar jadi tepung, santan yang kita giling dan dibuat jadi santan, hanya gula jawa saja yang tidak kami produksi sendiri,” ujar Vina, dikutip beritamagelang.id, Sabtu (30/7).

Foto: Doc. beritamagelang.id

BACA JUGA  Omah Kembang Merbabu, Sensasi Suasana Swiss di Indonesia

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...