Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Kebun Raya Indrokilo Bayolali, Wisata Edukasi Yang Menarik Dikunjungi

Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo merupakan tempat wisata edukasi yang sangat disayangkan untuk dilewatkan saat berkunjung ke Boyolali. Kebun raya ini didirikan sebagai salah satu bentuk inisiatif Pemerintah Boyolali dalam gerakan pelestarian dan konservasi alam, yang diresmikan pada Mei 2019.

Dibangun di atas tanah bekas lahan tegalan desa yang terbengkalain dan dikenal mistis. Kebun Raya Indrokilo berada di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang rencananya akan dijadikan sebagai rumah bagi tumbuhan hutan hujan dari dataran rendah Jawa bagian timur.

Saat datang ke Kebun Raya Indrokilo akan disambut oleh gerbang selamat datang yang disebut Gerbang Pasingsingan, diambil dari cerita Nagasasara Sabuk Inten karya S H Mintarja. Ia digambarkan merupakan seorang penolong berbudi luhur. Dikisahkan bahwa tidak ada yang tahu wajah aslinya karena Pasingsingan selalu memakai topeng. Gerbang ini tingginya 12 meter dan lebar 25 meter. Gerbang ini terinpirasi dari gerbang Monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall yang ada di Taipei.

Di sana juga terdapat patung Sosro Birowo yang merupakan ajian sakti dari seorang bernama Mahesa Jenar. Ia merupakan mantan prajurit pengawal raja yang sangat tangguh dan kuat. Saat dikehendaki, Mahesa Jenar dikisahkan mampu membelah batu seukuran kepala kerbau hanya dengan lengannya. Ajian ini dinamakan Sosro Birowo dalam cerita Nagasasra Sabuk Inten.

Kebun Raya Indrokilo, Rumah Bagi Ribuan Tanaman Langka
Kebun Raya Indrokilo Boyolali
Selain rumah bagi ribuan tanaman langka, lokasi ini juga terdapat spot-spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan wisatawan

Selain itu juga terdapat beberpa macam taman seperti Taman Paku yang merupakan salah satu taman tematik yang ada di sini. Sesuai dengan namanya, taman ini menyimpa berbagai koleksi tanaman paku (pterodophyta) dan terbagi menjadi outdoor dan indoor. Selain bisa menambah pengetahuan, taman ini juga sangat cocok untuk berfoto karena keunikannya.

BACA JUGA  Pantai Nampu, Keindahan Tersembunyi di Wonogiri

Ada juga Taman Labirin dengan lorong-lorong yang berliku dibentuk melalui topiary atau karya seni pangkas tanaman. Tumbuhan di Taman Labirin adalah yang mampu tumbuh dengan cepat sehingga dapat dibentuk tajuknya dan menjadi labirin. Ternyata jika difoto dengan drone dari atas Taman Labirin ini berbentuk gunungan wayang yang melambangkan persatuan bangsa Indonsia.

Yang tidak kalah menarik adalah terdapatnya Air Terjun Niagara, merupakan miniatur air terjun yang berada di Amerika Serikat, yang airnya bersumber dari Sungai Gandul dan Sombo yang dibendung alirannya dan airnya dialirkan melalui pipa ke bagian hulu tebing dengan pompa. Air yang mengalir dari tebing buatan akan menciptakan air terjun artifisial yang unik. Air terjun ini berada di sisi barat Kebun Raya dengan tinggi 7 meter dan lebar 34 meter.

Keunikan Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Keunikan lain di Kebun Raya Indrokilo ini adalah kantor pengelola. Di sana terdapat bangunan bernama EBU singkatan dari Elektronik Banyu Udan yang memiliki teknologi pengolahan air hujan menjadi air siap minum. Air hujan akan ditampung di atas Ecological House sebelum diolah. Selanjutnya air akan disaring dan dielekstrolisa di ruang EBU sehingga menghasilkan air yang asam dan basa.

Berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo menjadi solusi pas untuk berlibur sekaligus belajar. Karena di Kebun Raya ini terdapat beragam tanaman hutan hujan dataran rendah dari Jawa bagian timur. Terdapat lebih dari 6000 koleksi jenis tanaman termasuk tanaman langka yang jarang bisa ditemui. Selain itu juga akan dijadikan lahan konservasi air dan penghasil oksigen. Semenjak adanya kebun raya ini, udara di wilayah ini menjadi sejuk, padahal sebelumnya merupakan wilayah panas dan gersang.

BACA JUGA  Sewa Jeep dan Motor Ke Puncak Telomoyo? Segini Tarifnya
Taman Labirin Kebun Raya Indrokilo
Taman Labirin di Kebun Raya Indrokilo

Cara menikmati kebun raya ini selain menghirup udara segara, berkeliling memanjakan mata dengan pemandangan yang hijau, belajar beragam tanaman, juga bisa berpiknik bersama keluarga di area yang telah disediakan. Karena banyak spot yang menarik, juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto. Terdapat taman labirin juga yang membuat liburan semakin seru.

Saat berkunjung ke sini, tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan karena cukup lengkap. Selain area parkir yang luas juga terdapat toilet, mushola. Disediakan pula sepada kayuh dan sepeda listrik sebagai alternatif transportasi.

Beberapa tips yang mungkin dibutuhkan saat mengunjungi Kebun Raya Indrokilo :
Membawa uang tunai secukupnya, lebih baik memilih berkunjung saat cuaca cerah, membawa makan ringan atau bekal jika hendak berpiknik, menggunakan sunblock atau sunscreen, selalu menjaga fasilitas yang disediakan dengan mematuhi peraturan yang diberlakukan.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo

Lokasi Kebun Raya Indrokilo berada di Area Sawah, Butuh, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Kebun raya mulai beroperasi pada pukul 08.00 – 16.00 WIB, rencananya juga akan dibuka pada saat malam hari. Buka setiap hari kecuali Hari Senin. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp 5.500 per orang. Murah bukan? Yuk agendakan berlibur ke Kebun Raya Indrokilo bersama keluarga tercinta.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...