Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Ketua DPRD Hadiri Launching Aplikasi SIM

Gema DPRD Jawa Tengah

SEMARANG – Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto menghadiri acara launching secara virtual aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) Polri di Gedung Polda Jateng, Selasa (13/4/2021). Sambutan awal disampaikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono dari Jakarta.

Dikatakan bahwa pembangunan aplikasi SIM itu bertujuan untuk mempermudah perpanjangan SIM A dan C dimana dan kapan saja. Setelah itu, kata dia, aplikasi tersebut juga memudahkan pengiriman fisik SIM kemana saja.

“Nanti, launching dilakukan secara live dengan menampilkan penggunaan aplikasinya,” kata Istiono.

Sambutan dilanjut oleh Kapolri Jend. Pol. Listyo Sigit Prabowo, yang juga mengatakan bahwa peluncuran itu merupakan perwujudan dari program kerja Kapolri yakni transformasi organisasi dan pelayanan publik. Disamping itu, Polri perlu mengikuti perkembangan teknologi, termasuk di bidang lalu lintas yang selama ini sering berinteraksi dengan masyarakat.

“Dengan mengikuti perkembangan teknologi itu, maka dapat mewujudkan digitalisasi pelayanan Polri. Di bidang lantas, selama ini selalu berinteraksi dalam perpanjangan/ pembuatan SIM. Dengan aplikasi ini, maka masyarakat cukup melakukannya dari rumah, termasuk pengiriman SIM. Kami berharap ke depan, perpanjangan STNK dan urusan BPKB dilakukan menggunakan aplikasi,” kata Kapolri.

Ia juga mengatakan, dengan pemanfaatan teknologi informasi itu, pihaknya akan memiliki Big Data yang terintegrasi dengan Layanan Dukcapil. “Selain itu, dari sisi penyelidikan, langkah Polri dapat lebih cepat,” ucapnya.

Sebagai informasi, dalam acara yang digelar virtual itu, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi menyambut Ketua DPRD Bambang Kusriyanto, Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Kajati Jateng Priyanto di Mapolda Jateng. Turut hadir beberapa pejabat lainnya dari Pengadilan Tinggi Jateng, Kanwil BNI V, dan PT Pos Indonesia.

BACA JUGA  MUSRENBANGWIL: DPRD Tekankan Enam Prioritas Pembangunan Daerah di Wilayah Sobosukowonosraten

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...