Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Komisi C Desak Percepatan Digitalisasi Pelayanan Perbankan

Percepatan Digitalisasi
Gema DPRD Jawa Tengah

SALATIGA – Kebutuhan digitalisasi pelayanan perbankan perlu dikembangkan di Jawa Tengah mengingat lebih cepat, akurat, dan praktis. Komisi C DPRD Jateng kerap meminta perbankan untuk mempercepat upaya digitalisasi pelayanan.

Hal ini pun dilontarkan Komisi saat berkunjung ke Bank Jateng Cabang Salatiga, pada Senin (26/9/2022). Pada kesempatan itu Ketua Komisi C, Bambang Hariyanto mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja Bank Jateng Salatiga terkait inovasi pada 2022 ini yang sudah melakukan upaya digitalisasi pelayanan.

“Bagaimana tahun per tahun semakin baik. Tentunya dengan semakin efisien yang dikelola dan inovasi yang dilakukan akan memberikan ruang perkembangan yang baik. Harapan kami tentunya bagaimana bisa berkonstribusi dalam APBD kita dan perekonomian kita,” ungkap Bambang.

Nurul Farida dan Agung Budi Margono selaku anggota Komisi C menanyakan terkait perbedaan mengenai program kredit UMKM dengan bunga 2% dan 3%. Keduanya menanyakan sejauh mana penggunaan QRIS telah dioptimalkan oleh Bank Jateng.

Menanggapi hal itu Kepala Bank Jateng Cabkor Semarang, Imam Hanafi menjelaskan, mengenai perbedaan nilai bunga hanya diberikan kepada nasabah yang menjadi mitra dan tidak mitra Bank Jateng.

Mengenai inovasi apa saja yang telah dilakukan bank pelat merah itu, lanjut dia, salah satunya adalah program “Grebek Pasar di Pagi Hari”. Program itu untuk menarik minat nasabah dalam perkreditan UMKM. Mengenai upaya digitalisasi pelayanan semangatnya untuk memudahkan proses pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS pada UMKM di Kota Salatiga.

“Bahkan kami masuk ke perguruaan tinggi dan sekolah – sekolah untuk pengembangan nasabah. Serta melakukan pelatihan UMKM dan perbankan atau perkreditan” jelas Imam

Selanjutnya Kepala Bank Jateng Cabang Salatiga Erna Setyawati menambahkan total deviden yang telah diterima oleh Pemerintah Kota Salatiga dari 2005-2022 adalah Rp 92.538.741.512 (dividen tahap I Februari 2022) yang akan dibayarkan kembali pada tahap II Triwulan keempat sebesar Rp 3.889.638.544.

BACA JUGA  Tol SS Diharapkan Bisa Digunakan untuk Arus Mudik Lebaran

“Total deviden tahun 2022 sebesar Rp 17.302.135.249 dengan target pemkot PAD estimasi Rp 16 miliar . Bisa dikatakan bahwa PAD 2022 Bank Jateng Cabang Salatiga sudah melebihi dari target yang telah ditentukan,” tandasnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...