Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Nasi Becek Purwodadi, Kuliner Daging Berkuah Yang Bikin Lidah Bergoyang

Nasi Becek Purwodadi

Nasi Becek Purwodadi ialah makanan khas dari Kabupaten Grobogan yang terbuat dari daging dan tulang sapi. Makanan ini memiliki rasa yang istimewa, yaitu bercampur antara asam, pedas, dan manis yang menyegarkan lidah saat dinikmati.

Becek khas Purwodadi umumnya disajikan saat ada acara perayaan atau pernikahan. Becek berasal dari cara mencampur bumbu dengan cara ditumbuk menggunakan alat yang disebut “dibecek” dalam bahasa Jawa. Hidangan ini memiliki kesamaan dengan kari, soto, dan gule. Namun, memiliki kuah sayur berwarna keruh dengan aroma rempah potongan daging, tulang iga, dan sumsum sapi. Sayur becek disajikan dengan iga sapi, dengan sisa daging yang masih melekat pada tulang.

Bahan-bahan sayur becek meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan cabai. Dicampur dengan daun kedondong. Dengan penambahan daun kedondong dan dayak, sayur becek memiliki kombinasi rasa unik dengan rasa asam yang segar. Sayur becek disajikan dengan nasi putih hangat, cabai hijau, tempe kering, dan kacang tolo sebagai lalapan.



Sumsum pada tulang sapi yang dimasak bercampur kuah dengan suhu mendidih membuat citarasa kaldu lebih nikmat. Semangkuk sayur becek lebih nikmat disajikan dengan nasi putih dan oseng cabai hijau, tempe kering, dan kacang tolo sebagai pelengkap.

Nasi Becek Purwodadi sekarang telah menjadi salah satu ikon kuliner terkenal di Kabupaten Grobogan, selain Swieke Kodok. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan warung makan yang menjual sayur becek di daerah ini.

Rekomendasi Warung Nasi Becek Purwodadi

Warung Makan Putra 45

Tempat makan ini terletak di pojok Taman Segitiga Emas Purwodadi. Hanya butuh waktu dua menit dari Kantor Bupati Grobogan. Nasi basah menjadi menu utama di sini, juga menjadi pilihan favorit beberapa staf Pemerintah Kabupaten Grobogan.

BACA JUGA  Mangut Bandeng Panggang Pati, Gurih dan Pedasnya Mantap
R.M. Sedep Yanto Ganjar Becek & Sate Kerbau

Warung makan ini berlokasi di Jalan Purwodadi – Blora, Km 1 No. 16 Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Seperti namanya, kedai ini terkenal dengan nasi becek yang disajikan dengan daging kerbau, bukan daging sapi seperti biasanya.



Kedai Cangkir dan Waroeng Soto Noroyono

Tempat makan ini terletak di Jalan Siswomihardjo No. 62 Purwodadi, berdekatan dengan simpang kantor Diskominfo Grobogan. Sekitar 200 meter ke arah timur dari simpang tersebut. Nasi becek menjadi salah satu hidangan utama di tempat makan yang cukup populer di Instagram ini.

Warung ini juga memiliki cabang di Jalan Purwodadi-Blora di Kelurahan Kunden, Wirosari dan di Jalan Purwodadi-Gubug di Desa Tinanding, Kecamatan Godong.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...