Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia Milik Sido Muncul Diresmikan

Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia

SEMARANG – Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia yang diinisasi PT Sido Muncul telah diresmikan pada Kamis (22/12/2022).

Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia yang didirikan di Kabupaten Semarang tersebut mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo. Melalui sambutan virtual, Ganjar lantas membagikan pengalamannya saat melakukan lawatan ke Belanda dan Suriname.

“Waktu itu saya kunjungan di Suriname, seperti biasa saat selesai kan bertukar semacam oleh-oleh. Nah dari pihak Suriname itu malah ngasih saya produk Tolak Angin,” kata Ganjar mengawali ceritanya, dikutip dari jatengpos.co.id.

Pada kesempatan itu, ia juga bercerita pengalamannya saat bertemu veteran perang dari Belanda yang cukup fasih berbasa Jawa. Ia mengungkapkan negeri Belanda pada saat itu tidak memiliki kuliner dengan rasa yang khas.



“Kami ini mendapatkan kuliner yang enak setelah terjadi penjelajahan dan penjajahan di banyak negara termasuk menemukan rempah-rempah dari Indonesia, itu yang diceritakan,” ungkap Ganjar.

Sido Muncul telah menciptakan laboratorium yang sangat bagus. Menurutnya, kesempatan yang baik ini dapat menjadi ajang pertemuan bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Ini bisa kita dorong untuk hilirisasi menjadi produk yang punya brand bagus,” katanya.

“Saya membayangkan semua kedutaan kita bekerja dengan pemerintah daerah, memiliki toko Indonesia dan menjual semua rempah-rempah yang tersedia dan itu menjadi kebijakan luar negeri kita,” tambahnya.

Apalagi, kata Ganjar, saat ini rempah-rempah Indonesia bersaing dengan rempah-rempah dari negara Asia lainnya. Informasi ini ia temukan saat mengunjungig mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri.

“Rempah-rempah serupa sering ditemukan di Asia Shop dan biasanya berasal dari Thailand,” ujarnya.

Di akhir upacara, ia menaruh harapan agar Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia Sido Muncul menjadi pendorong bagi tanah air untuk mendapatkan kejayaan dengan sumber daya alam yang sangat melimpah.

BACA JUGA  Masih Ada Penyelenggara Pilkada Berpihak

“Apa yang disediakan di tempat kita sendiri ini, hanya butuh satu saja komitmen dari pemerintah dan itu mesti kita dukung bersama,” ujarnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...