Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Ragam Aktivitas Seru Saat Berkunjung Ke Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

SEMARANG – Kota Lama Semarang merupakan suatu kawasan di Semarang yang pernah menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Kawasan ini menjadi saksi bisu sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda lebih dari 2 abad. Hingga saat ini setidaknya ada sekitar 50 bangunan kuno dengan karakter bangunan Eropa pada tahun 1700-an yang masih berdiri kokoh.

Setelah beberapa tahun lalu Pemerintah Kota Semarang melakukan revitalisasi, kini Kota Lama menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Semarang. Di kawasan ini wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari kuliner hingga swafoto.

Yuk, simak apa saja aktivitas seru yang dapat dilakukan di Kota Lama Semarang?

Blusukan di Gedung Tua Kota Lama

Tak hanya berkeliling di jalan-jalan sekitar kota lama dengan bangunan khas Eropa yang eksotis, pengunjung juga dapat masuk dan melihat lebih dalam gedung-gedung bersejarah ini.

Untuk masuk ke dalam gedung tua ini, wisatawan dapat bergabung bersama tour organizer lokal. Selain dapat masuk, wisatawan juga mendapatkan informasi sejarah dari setiap gedung yang dikunjungi.

Bersepeda Keliling Kota Lama

Wisatawan dapat mengelilingi Kota Lama Semarang hingga sudut-sudutnya dengan cepat menggunakan sepeda. Menggunakan sepeda wisatawan dapat melewati gang-gang kecil di antara bangunan-bangunan kuno yang telah direnovasi, namun bentuknya masih asli.

Tak perlu membawa sepeda sendiri untuk mengeliling Kota Lama Semarang ini, wisatawan dapat menyewa sepeda hanya Rp.10 ribu per jam atau Rp.50 ribu untuk sehari.



Berburu Barang Antik di Pasar Klitikan

Bagi para kolektor barang-barang antik, bisa jadi barang yang sedang kamu cari ada di Pasar Klitikan ini. Lokasi pasar barang antik ini berada di belakang Gereja Blenduk atau dekat dengan Taman Srigunting Kota Lama.

BACA JUGA  Candi Klero Tengaran, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Singosari

Barang antik yang tersedia di pasar ini mulai dari setrika arang, koin lama, mainan tempo dulu, boneka bekas, dan berbagai macam barang-barang antik lainnya.

Menikmati Secangkir Kopi di Kafe Sekitar Kota Lama

Di kawasan Kota Lama terdapat banyak kafe dengan bentuk dan tema yang beragam. Wisatawan dapat memilihnya sesuai dengan selera.

Menikmati secangkir kopi dengan latar dan suasana Kota Lama tentu bisa menjadi cerita yang penuh dengan kenangan.

Berfoto di Rumah Akar

Rumah akar merupakan salah satu spot ikonik yang sering dijadikan tempat mengambil gambar saat mengunjungi Kawasan Kota Lama Semarang. Rumah Akar berlokasi di Jalan Roda 2. Jalan ini berada di samping Galeri UMKM (Depan Old City 3D Trick Art) yang mengarah ke Gedung Manod Diephuis.

Bangunan ini dinamakan Rumah Akar karena pada sisi bangunan ini terdapat akar pohon beringin yang menjulang hingga setinggi rumah. Keberadaan akar ini menambah kesan unik dan eksotis pada bangunan tersebut.

Bagaimana, menarik bukan? Tidak ada salahnya saat berkunjung ke Semarang mampir sebentar untuk menikmati aura dan suasana Kota Lama Semarang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...