Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rasakan Lezatnya Durian Kholil Mijen Semarang

SEMARANG, Jowonews.com – Salah satu buah yang saat ini masih terus diburu penggemar adalah buah durian. Nah, di Semarang, ada salah satu durian favorit yang harus dikunjungi, yakni durian Kholil, yang terletak di Mijen, Kota Semarang.

Durian Kholil yang merupakan varietas lokal unggul dan telah mempunyai predikat juara 1 Nasional Pelestari Sumber Daya Genetik, Jawa Tengah yang dilepas oleh kementrian pertanian tahun 2011.

Nah, keunggulan durian kholil ini adalah dari warna daging buah yang kuning susu, biji kecil, dan rasanya yang manis kadar alkohol rendah. Dengan adanya perbanyakan yang dilakukan oleh sido mukti diharapkan nantinya durian kholil akan menjadi salah satu aset tanaman hortik khas semarang.

Keunggulan lainnya, spesifikasi bibit durian kholil telah tersertifikat oleh BPSB jadi dijamin keaslianya. Pak Mukholil sebagai pelestari durian kholil asli Semarang, menyampaikan, beberapa waktu lalu bahwa untuk jenis durian yang dikembangkan adalah Durian Kholil yang merupakan varitas lokal (juara I tingkat nasional pelestari sumber daya genetic Jawa Tengah).

Keunggulan lain durian Kholil adalah, selain terbukti adaptif sehingga lebih tahan hama/penyakit (indukannya aja berumur 100 tahun lebih), durian yg satu ini istimewa banget karna bisa berbuah lebih cepet dari durian pd umumnya! Jadi nggak heran kalo harganya bisa melambung tinggi (untk buah lokal) hingga dibandrol Rp 100 ribu perbuahnya dengan berat bisa mencapai 3 Kg lebih.

Walaupun berbuah lebih cepet, kadar airnya justru sedikit shg rasa duriannya pun krasa lebih lezat. Daging buah creamy dengan rasa padu padan manis legit tanpa rasa pahit, dengan daging buahnya tebal. Dengan keistimewaan tersebut, tidak heran jika durian Kholil meraih peringkat durian juara nasional. Durian kholil juga menjadi durian termahal di Festival Durian Fair 2016. (jn03)

BACA JUGA  Pesta Sabu-sabu, Satu Keluarga di Cokok BNNP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...