Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Resep Ayam Gepuk Sambal Bawang Khas Jogja

Resep Ayam Gepuk Sambal Bawang Khas Jogja

Resep Ayam Gepuk Sambal Bawang Khas Jogja adalah salah satu resep yang kini sedang digandrungi dan naik daun akhir-akhir ini. Rasa sambalnya yang khas, dan daging ayam yang empuk membuat banyak orang untuk kembali mencicipi kenikmatan ayam gepuk ini.

Ayam goreng merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Menu kuliner satu ini sangat mudah ditemui dimana pun, termasuk di warung makan kaki lima.
Cara penyajiannya pun beragam, salah satu yang populer adalah Ayam Gepuk. Maka tak heran jika kemudian Resep Ayam Gepuk ini banyak dicari.

Ayam Goreng Gepuk adalah ayam goreng yang telah di-gepuk permukaan atasnya bersama sambal. Karena daging ayamnya di-gepuk, maka tekstur dagingnya menjadi empuk. Apalagi disandingkan dengan sambal bawang yang pedas. Maka dijamin lidah akan semakin kalap menghabiskan setiap porsi yang disajikan.

Ayam Gepuk Pak Gembus

Salah satu yang mempopulerkan penyajian ayam dengan di-gepuk ini adalah Warung Ayam Gepuk Pak Gembus. Gepuk semula adalah makanan khas Sunda, terdiri dari daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu rasa manis, kemudian dipukul hingga empuk.

Tentu dari segi rasa sangat berbeda dengan Ayam Gepuk Pak Gembus. Bahan yang digunakan pun tentu berbeda. Ayam Gepuk Pak Gembus lebih menyerupai ayam penyet. Yakni ayam yang diungkep, terus digoreng, kemudian dipipihkan, dan kemudian diberi sambal.

Namun pembeda Ayam Gepuk dengan ayam lainnya adalah pada sambalnya. Sambal ayam gepuk menggunakan sambal bawang yang dicampur dengan kacang. Sehingga sambal ini jadi ciri utama dan daya tarik ayam goreng tersebut.



Resep Ayam Gepuk Sambal Bawang Khas Jogja

Ayam gepuk ini dapat dibuat sendiri di rumah hanya dengan perlengkapan sederhana. Selain itu bumbu-bumbu pelengkap juga sangat mudah didapatkan. Berikut Resep Ayam Gepuk Sambal Bawang yang dapat kamu coba sendiri di rumah.

BACA JUGA  Resep Nasi Goreng Babat Semarang, Aromanya Saja Sudah Bikin Ngiler

Bahan-bahan:

500 gr ayam, potong jadi 4 buah (me: paha ayam)
Air untuk merebus ayam Secukupnya
2 sdm bubuk fibercreme larutkan dengan 200 ml air

Bumbu ungkep ayam dihaluskan :

500 gr ayam
7 butir bawang Putih
3 ruas kunyit
1 Ruas jahe
3 butir bawang merah
1 butir kemiri
1 sdt ketumbar
2-3 sdt garam

Bahan sambel, haluskan:

10 cabai merah keriting
5 cabai hijau keriting
1 sdt terasi
10 kacang mete goreng
15 cabai rawit
7 bawang putih
3 bawang merah
4 sdm minyak panas Secukupnya garam dan gula

Cara membuat :

  1. rebus air sampai mendidih, masukkan larutan fibercreme bumbu ungkep dan ayam. Rebus sampai ayam matang dan bumbu meresap. Angkat.
  2. Goreng ayam sampai kuning keemasan, angkat. Tiriskan
  3. Uleg kasar bahan sambel, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tambahkan minyak panas. Aduk rata
  4. Penyajian, penyet ayam di cobek. Sajikan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...