Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Soto Batok Kudus, Minikmati Gurih Lezatnya Soto di Dalam Tempurung Kelapa

Soto Batok Kudus

Soto Batok Kudus dapat menjadi opsi bagi Anda ketika mencicipi makanan di Kota Kretek. Selain rasa yang enak dan gurih, soto ini disajikan di dalam batok kelapa.

Penyajian di dalam batok bertujuan untuk menjaga panas dari soto tersebut dan aroma rempah-rempahnya yang dapat membuat tubuh terasa hangat.

Batok kelapa secara khusus didatangkan dari Magelang sebagai pengganti mangkuk biasa. Karena dihidangkan dengan menggunakan batok kelapa, maka tidak mengherankan jika makanan kuah ini disebut Soto Batok.

Kustiwi, penjual Soto Batok Kudus mengatakan, awalnya dia ingin berdagang makanan yang unik. Kemudian terpikir olehnya untuk menjual soto yang disajikan di dalam batok kelapa.



Resep soto batok tersebut dia peroleh dari neneknya. Kemudian dia mencoba untuk menjual soto di teras rumahnya.

Resep sotonya tidak terlalu berbeda dengan soto biasa. Mulai dari ayam, nasi, seledri, kecambah, dan bawang putih.

Bagi penggemar makanan pedas dapat menambahkan sambal yang sudah tersedia di atas meja.

Sementara penggemar rasa manis dapat menambahkan kecap. Soto batok ini cocok disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang. Satu porsi soto batok sesuai untuk orang dewasa.

Meskipun menggunakan wadah batok, porsinya cukup banyak untuk orang dewasa. Bisa dikatakan porsi soto sebatok setara dengan porsi semangkuk.

Warung Soto Batok milik Sri Kustiwi terletak di Jalan Mejobo, Kelurahan Mlati Norowito, RT 3 RW 9 Kecamatan Kota Kudus. Soto Batok buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 06.00 – 13.00 WIB.

Foto Dok. Murianews/Vega Ma’arijil Ula

BACA JUGA  Tempe Mendoan Banyumas, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...