Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Universitas Tidar Magelang Peringati Pradies Natalis ke-45 dengan Menanam Pohon dan Peluncuran Pusat Studi Lingkungan

Universitas Tidar

MAGELANG – Dalam rangka memperingati pradies natalis ke-45, Universitas Tidar (Untidar) Magelang menggelar acara penanaman ratusan pohon dengan tema “sedekah bumi langit” di sekitar Kampus Bandongan, Kabupaten Magelang. Rektor Untidar, Sugiyarto, menjelaskan bahwa pohon yang ditanam merupakan jenis buah-buahan.

“Penanaman pohon buah-buahan merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai anggota ekosistem Magelang. Melalui kegiatan ini, kita mencoba mengoleksi jenis buah-buahan sebagai bentuk edukasi dan konservasi di Kebun Bandongan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sugiyarto menjelaskan alasan di balik penamaan kegiatan ini sebagai “sedekah bumi langit.” Menurutnya, melalui penanaman pohon, kita menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan serta berkontribusi dalam konservasi air, tanah, dan pangan.

“Yang tak kalah pentingnya adalah konservasi udara. Dengan adanya banyak pohon, kita dapat memberikan kontribusi dalam penyediaan oksigen yang memperbaiki kualitas udara,” tambahnya.

Selain penanaman pohon, acara tersebut juga menandai peluncuran Pusat Studi Lingkungan dan Mitigasi Bencana Untidar. Sugiyarto menjelaskan bahwa gagasan ini telah dirintis sejak lama, dan anggota pusat studi tersebut telah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Dengan lingkungan yang khas di tengah gunung, baik aktif maupun tidak, Untidar memiliki potensi risiko bencana yang signifikan. Oleh karena itu, kami akan melakukan penelitian terkait dengan lingkungan hidup dan upaya mitigasi bencana di masa mendatang,” jelasnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi kontribusi positif Untidar dalam memperkuat kesadaran lingkungan dan menghasilkan pengetahuan yang berguna dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan.

BACA JUGA  Kota Magelang Raih Gelar Kota Layak Anak Kategori Nindya

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...