Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Abot Anak Tinimbang Telak

Abot Anak Tinimbang Telak

Arti Abot Anak Tinimbang Telak dalam Bahasa Indonesia

Abot anak tinimbang telak artinya orang tua selalu mementingkan keperluan anak-anaknya daripada keperluan dirinya sendiri. Ini terjadi di mana saja dan kapan saja. Bagi orang tua, apa pun akan dilakukannya, bahkan, kalaupun dia kekurangan tidak apa-apa, asal anak-anaknya kecukupan dan senang. Dengan pengorbanan yang luar biasa tersebut, sungguh tidak patut kalau ada anak yang durhaka kepada orang tuanya.

Pitutur luhur ini juga menyiratkan bahwa orang tua cenderung tidak mau merepotkan anak-anaknya. Dalam kondisi tertentu, ketika sudah tua, selama mereka bisa mengurus dirinya sendiri, mereka tidak mau merepotkan anak. Di sini anak-anaklah yang harus memiliki kesadaran untuk mengurus dan membahagiakan orang tuanya. Bakti anak sepanjang masa tidak akan pernah bisa membalas budi baik orang tuanya.

Arti Abot Anak Tinimbang Telak dalam Bahasa Jawa

Abot anak tinimbang telak tegese wong tuwa tansah ngutamakake kabutuhan anak tinimbang kabutuhane dhewe. Iki kedadeyan ing ngendi wae lan kapan wae. Kanggo wong tuwa, apa wae sing bakal ditindakake, sanajan kekurangan ora apa-apa, anggere anak-anake bisa mandiri lan seneng. Kanthi pengorbanan kang mirunggan kuwi, ora pantes yen anak ora manut marang wong tuwa.

Pitutur luhur iki uga nuduhake yen wong tuwa cenderung ora ngganggu anake. Ing kahanan tartamtu, yen wis tuwa, anggere bisa ngurus awake dhewe, ora pengin ngganggu bocah-bocah. Ing kene bocah kudu duwe kesadaran kanggo ngrawat lan gawe senenge wong tuwa. Bektine bocah ing salawas-lawase ora bakal bisa mbales kabecikane wong tuwa.

BACA JUGA  Adhang-adhang Tetesing Embun

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...