Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Gumunan, Segala Sesuatu Mungkin Terjadi

Aja Gumunan

Aja Gumunan artinya jangan mudah heran. Di dunia ini tidak ada yang mustahil. Segala sesuatu mungkin terjadi. Rakyat jelata menjadi pembesar dan menjadi kaya rasa sangat banyak. Orang besar menjadi miskin dan bangkrut juga tidak kurang. Anak-anak miskin menjadi terpandang banyak, yang bernasih buruk tidak kalah jumlahnya. Orang-orang alim korupsi banyak. Preman-preman menjadi baik juga tidak kurang. Pengusaha kecil mendapatkan proyek miliaran juga hal yang bisa terjadi. Pengusaha besar tertipu, tidak kurang jumlahnya.

Pitutur luhur ini menuntun kita agar bersikap wajar bila menyaksikan atau menemukan segala sesuatu yang tidak biasa, jangan mudah heran. Terimalah dalam porsi yang wajar. Setiap orang bisa berubah dan zaman juga selalu berubah dengan berbagai kemajuannya.



Arti dalam bahasa Jawa

Aja Gumunan tegese aja gampang gumun. Ing donya iki ora ana sing mokal. Apa wae bisa. Wong-wong jelata dadi mulya lan sugih rasa. Wong gedhe dadi mlarat lan bangkrut ora kurang. Bocah-bocah sing mlarat dadi diajeni, sing duwe nasib ala ora kalah. Akeh wong korupsi. Preman dadi apik banget ora kurang. Pengusaha cilik sing entuk milyaran proyek uga bisa kedadeyan. Pengusaha gedhe diapusi, ora kurang jumlahe.

Titik mulya iki nuntun kita dadi alam nalika kita nyekseni utawa nemokake sing ora biasa, aja kaget. Njupuk ing porsi cukup. Saben uwong bisa owah lan jaman tansah owah kanthi maneka warna kemajuan.

BACA JUGA  Aja Kuminter Mundak Keblinger, Jangan Merasa Jadi Paling Pandai Agar Tak Salah Arah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...