Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Beberapa Mitos dan Misteri Gunung Prau di Kawasan Dataran Tinggi Dieng

Misteri Gunung Prau Dieng

Misteri Gunung Prau selama ini mungkin sebagian masih menjadi rahasia. Gunung cantik di kawasan Dataran Tinggi selain terkenal dengan keindahan alamnya juga menyimpan mitos dan misteri di dalamnya.

Bagi yang pernah berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, siapa yang tidak mengetahui Gunung Prau? Gunung ini termasuk salah satu favorit pendakian karena panoramanya yang indah dan juga ramah untuk pendaki pemula.

Banyak yang menilai jika gunung dengan ketinggian 2.565 meter dari permukaan laut ini memiliki pemandangan matahari terbit terbaik di Asia Tenggara. Namun, dibalik keindahannya, ternyata Gunung Prau memiliki misteri dan mitos yang dipercayai masyarakat setempat.

Apa saja mister dan mitos Gunung Prau? Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber.



Berikut Beberapa Mitos dan Misteri Gunung Prau

Pintu Gaib Oyot Rimpang
Pintu Gaib Oyot Rimpang Gunung Prau
Pintu Gaib Oyot Rimpang Gunung Prau

Misteri Gunung Prau yang dipercaya masyarakat setempat hingga saat ini adalah adanya pintu gaib Oyot Rimpang. Banyak yang mempercayai lokasi pintu gaib ini berada di kawasan bunga daisy yang terdapat 4-5 pohon saling berdekatan.

Pohon-pohon yang tumbuh berdekatan itu seakan-akan membentuk kotak yang dikenal dengan nama Oyot Rimpang Gunung Prau.

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat setempat, Oyot Rimpang ini menjadi pintu gaib yang dapat mengantarkan seseorang masuk ke dimensi lain.

Sebagian orang mengatakan, apabila seseorang masuk ke dunia gaib melalui Oyot Rimpang tak akan bisa kembali lagi ke dunia nyata. Atau orang tersebut akan meninggal dunia.

Meski demikian, hingga saat ini mitos tersebut belum terbukti. Namun, alangkah baiknya sebagai bentuk antisipasi dan penjagaan, para pendaki disarankan agar tidak meremehkan mitos yang berlaku di kawasan tersebut.

Saat melakukan pendakian, para pendaki juga diimbau untuk menjaga perkataan dan membuang segala bentuk pikiran dan niat kotor.

BACA JUGA  Manfaat Purwoceng Dieng, Selain Menghangatkan Juga Meningkatkan Gairah Seksual
Kadang Disebut Gunung Mayit
Gunung Mayit
Gunung Prau dari kejauhan tampak seperti mayit atau jenazah yang dibaringkan

Jika dilihat dari atas, Gunung Prau memiliki bentuk mirip perahu. Sementara lembah-lembah yang berada di sekitarnya terlihat seperti gelombang air laut, sehingga masyarakat setempat menamakannya Gunung Prau. Namun, ternyata gunung di Dataran Tinggi Dieng ini juga mempunyai sebutan lain, yakni Gunung Mayit. Dalam bahasa Jawa, mayit berarti jenazah atau mayat.

Penyebutan Gunung Mayit ini dikarenakan apabila dilihat dari kejauhan, bentuk Gunung Prau menyerupai mayat atau jenazah yang dibaringkan. Bahkan sebagian masyarakat menyebutnya mirip pocong yang sedang rebahan.

Penamaan inilah, yang menjadikan Gunung Prau semakin terasa aura mistisnya.

Tempat Persemayaman Para Dewa
Foto: doc. Kang Rafa

Dieng Plateau selama ini juga populer disebut sebagai negeri para dewa. Gunung Prau berada dalam jajaran kawasan Dieng Plateau dan diyakini menjadi salah satu tempat persemayaman para dewa kuno.

Menurut keterangan masyarakat setempat, para dewa ini dipercaya masih sering berkumpul dan titik kumpulnya berada di kawasan Candi Arjuno saat mereka turun dari kayangan.

Menurut kepercayaan, turunnya dewa biasanya juga terjadi saat diadakan ritual-ritual tertentu di kawasan tersebut. Salah satunya adalah pemotongan rambut gimbal pada anak-anak yang berada di kawasan Dieng.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...