Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Booming Filosofi Kopi, Tiwus Mulai Dikomersilkan

SEMARANG, Jowonews.com — Perseroan Terbatas Taman Delta Indonesia mulai mengomersialkan kopi tiwus seiring dengan tingginya permintaan dari masyarakat, kata Manajer Pemasaran PT TDI Moelyono Soesilo.

“Tepatnya ada tiga jenis kopi baru yang kami pasarkan, yaitu kopi tiwus, perfecto, dan lestari,” kata Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Jawa Tengah tersebut di Semarang, Rabu (19/7).

Produksi tiga jenis kopi tersebut, menurut dia, sebetulnya sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu bertepatan dengan diputarnya film yang mengangkat tentang komoditas kopi, yaitu filosofi kopi.

“Di awalnya untuk pemasaran tiga jenis kopi ini masih kami lakukan secara terbatas, yaitu hanya di Kedai Filosofi Kopi yang ada di Yogyakarta dan Jakarta. Namun, mulai tahun ini akan lebih kami komersialkan untuk masyarakat umum,” katanya.

Meski belum masuk dalam jenis kopi specialty, ketiga jenis kopi ini diracik menuju ke jenis kopi specialty dengan menjadikan rasa kopi lebih stabil, misalnya untuk perfecto lebih ke rasa karamel, sedangkan lestari lebih ke rasa jeruk.

“Ketiga jenis kopi ini kami pasarkan dalam bentuk biji goreng. Pada dasarnya kopi ini merupakan akulturasi beberapa kelompok tani binaan. Kelompok ini jadi partner dalam pekerjaan kami,” katanya. Untuk masing-masing jenis kopi ini, pihaknya mengambil produk kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...