Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Bukit Tangkeban Pemalang, Surga Di Kaki Gunung Slamet

Bukit Tingkeban Pemalang

Selain memiliki daratan pantai yang indah, Kabupaten Pemalang juga memiliki pegunungan yang cantik. Tepatnya Bukit Tangkeban Pemalang yang berada di kaki Gunung Slamet.

Tempat wisata di Nyalembeng, Kecamatan Pulosari ini kini sedang ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang menakjubkan. Bahkan beberapa waktu lalu kawasan ini masuk sebagai nominator Anugrah Pesona Indonesia (API) kategori Dataran Tinggi bersama sembilan nominator lainnya.

Hawa sejuk di Bukit Tangkeban Pemalang banyak yang mengaitkan kesamaannya dengan daerah Lembang, Jawa Barat. Sementara pemandangan sekitar yang dipenuhi pegunungan, ada yang mengatakan mirip daerah Dieng di Kabupaten Banjarnegara.

Bukit Tangkeban berada pada ketinggial 1.250 meter di atas permukaan laut. Berbalut nuansa alam, taman wisata ini menawarkan berbagai jenis pilihan rekreasi dengan beragam fasilitas pendukungnya. Sebut saja seperti taman bermain anak, permainan outbond, cafe atau resto, hingga spot foto, semuanya terkonsep rapi.

Daya Tarik Bukit Tangkeban Pemalang

Taman Bermain Outdoor
Area play ground Bukit Tangkeban
Area play ground Bukit Tangkeban

Saat memasuki kawasan wisata Bukit Tangkeban, pengunjung tidak langsung mendapati keramaian. Hal ini karena jarak dari gerbang menuju pusat rekreasi sekitar 200 meter. Selain itu, pengunjung dapat berjalan kaki dari tempat parkir depan atau menggunakan transportasi off-road.

Area pertama yang akan kamu temui adalah taman bermain anak-anak dan arena pacuan kuda, dan ATV. Terdapat beragam area bermain anak yang menarik di sini. Dari ayunan hingga pertunjukan bianglala kecil ada di sini.
Di area ini juga terdapat kolam renang anak yang nyaman. Kamu bisa mencoba semua wahana atau memilih sesuai dengan yang diinginkan.



Taman Langit

Salah satu area paling populer di Tangkeban Hill Pemalang adalah Sky Park atau Taman Langit. Sesuai dengan namanya, Taman Langit menyuguhkan taman tang indah di dataran tinggi. Di area ini terdapat deretan bunga-bunga cantik.

Selain itu juga terdapat spot foto kekinian yang menjadi sajian utama. Tersedia juga beragam spot-spot buatan yang keren lengkap dengan ornamen-ornamennya.

Selanjutnya adalah Sky Bridge atau jembatan langit yang menjadi spot foto paling banyak dikunjungi dalam antrian.

Meski namanya Jembatan, Namun, sebenarnya ini hanyalah sebuah dek yang lantainya terbuat dari kaca bening. Pada hari yang cerah, kamu dapat menyaksikan pemandangan Gunung Slamet langsung di latar belakang dari titik ini. Kawasan Sky Garden juga memiliki toko persewaan kostum untuk mendukung selfie.

BACA JUGA  Omah Kembang Merbabu, Sensasi Suasana Swiss di Indonesia

Pilihannya adalah pakaian dari Negeri Sakura atau Negeri Ginseng. Pengunjung dapat berfoto di tempat-tempat bernuansa Jepang.

Area Camping
Area Camping
Area Camping Bukit Tangkeban. Foto: doc. Esti K TK N Pembina Margadana Kota Tegal

Dibuka sejak 2017 lalu, Bukit Tangkeban telah menjadi salah satu lokasi favorit untuk ngecamp. Di lokasi ini tersedia area camping dengan kapasitas hingga 150 tenda.

Camping adalah salah satu cara menikmati suasana alam Tangkeban sepuasnya. Wisatawan dapat melihat matahari terbenam dan matahari terbit tanpa terburu-buru pada jam kerja. Tidak jarang acara musik live diadakan di malam hari. Berkat suasana yang semarak, udara Pemalang yang dingin pastinya tidak akan cepat terlupakan.

ArCafe

Bukit Tingkeban memiliki kafe yang mengusung konsep alam terbuka. Berbagai jajanan tradisional khas Pemalang tersedia di kafe ini.

Selain itu kamu juga dapat menikmati secangkir kopi panas sembari menyaksikan panorama Gunung Slamet yang memanjakan mata. Kursi-kursi kafe sendiri berada di teras dan luar ruangan, sehingga kamu dapat lebih leluasa menikmati pemandangan indah di alam terbuka.

Untuk itulah mengapa ArCafe menjadi tempat nongkrong yang asyik bersama pasangan atau keluarga.

Untuk pengunjung yang tidak ingin repot membawa bekal makanan pun tak perlu khawatir, di Bukit Tangkeban sudah menyediakan banyak warung makan dengan aneka menu.

Wahana Pemacu Adrenalin
Wahana Sepeda Gantung di Tangkeban Hill Pemalang
Wahana Sepeda Gantung di Tangkeban Hill Pemalang

Bagi kamu yang menyukai dengan permainan yang memacu adrenalin, di area ini juga terdapat sirkuit offroad dengan panjang lintasan kurang lebih 200 meter. Sirkuit yang diberi nama Sirkuit Muntil ini dapat menjadi tempat untuk ajang ketangkasan offroader.

Berbagai wahana pemacu adrenalin lainnya juga disediakan di tempat ini seperti para layang, flying fox yang melewati antara perbukitan, ada pula sepeda gantung yang layak dicoba.



Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menghabiskan waktu liburan di lokasi ini, wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain tiket masuk, ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan diantaranya tiket untuk masuk wisata taman langit. Untuk memasuki taman langit, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000

Untuk tiket Tangkeban Park, biaya yang diperlukan adalah Rp 20.000 sama dengan ketika anda mengambil paket camping. Sedangkan untuk ATV Adventure 1 putaran Rp 15.000 dan untuk 2 putaran seharga Rp 25.000. ketika berfoto di taman, anda bisa menyewa kostum dengan harga Rp 25.000 untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak dibandrol Rp. 20.000

Sementara itu, bagi kamu yang ingin camping dan menyewa tenda di lokasi, biaya untuk tenda yang diperlukan adalah Rp 75.000 dengan kapasitas yang dapat digunakan oleh 3 sampai dengan 4 orang. Selain itu juga terdapat sewa shelter lama Rp 200.000 dan baru Rp 250.000

BACA JUGA  Bukit Pangonan Dieng, Keindahan Hamparan Padang Sabana Yang Memanjakan Mata

Tangkeban Hill dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore hari. Jika Anda menginginkan panorama terbaik untuk keperluan foto, kamu dapat datang sebelum jam 9 pagi. Pendaftaran camp dilakukan di Sekretariat Bukit Tangkeban mulai sore hingga menjelang tengah malam. Jam operasional yang diterapkan yaitu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Peta Lokasi Bukit Tangkeban Pemalang
Peta Lokasi Bukit Tangkeban Pemalang

Fasilitas Penunjang

Bukit Tingkeban atau Tingkeban Hill telah di lengkapi dengan beragam sarana pendukung yang cukup memadai. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi ini, di antaranya adalah:

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi / MCK
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Cafe & resto
  • Gazebo
  • Area bermain anak
  • Wahana bermain seru
  • Spot foto instagramable

Tips Berkunjung

  • Bukit Tingkeban merupakan objek wisata area terbuka, maka sebelum berkunjung dapat melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu.
  • Jika dirasa cuaca sedang mendung dan berpotensi akan turun hujan, ada baiknya tahan dulu niat anda untuk berwisata kesini.
  • Pastikan anda sedang dalam kondisi sehat dan fit agar momen liburan di Taman Langit Pemalang terasa lebih maksimal.
  • Tetap berhati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan sebagai hal penting agar saat berwisata berlangsung aman dan sesuai harapan.



Lokasi Bukit Tangkeban Pemalang

Letak persis wisata Taman Langit Tangkeban bisa dijangkau dari Alun-Alun Pemalang dengan jarak yang musti ditempuh sekitar 48 km. Setibanya dilokasi wisata Bukit Tangkeban Taman Langit. para pengunjung diharuskan berjalan kaki untuk mendaki menuju puncak utamanya.

Dengan jarak yang harus didaki hanya sejauh 100 meter saja, tidak terlalu jauh namun tetap perlu berhati-hati dan waspada. Mengingat akses track untuk mendaki cukup ekstrim dan lumayan menantang adrenalin.

Jalan utama menuju wisata alam Pemalang satu ini didominasi oleh jalanan menanjak. Maka dari itu sangat kami sarankan bagi anda yang hendak berkunjung agar sebaiknya menggunakan kendaraan sehat dan bisa disemua medan.

Gunakan maps dibawah ini untuk memudahkan laju kendaraan anda ketika akan berwisata bahagia ke Bukit Tangkeban Pemalang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...