Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Hutan Pinus Kalipasang, Pesona Alam yang Menggoda di Kabupaten Semarang

Hutan Pinus Kalipasang

SEMARANG – Kabupaten Semarang, selain terkenal dengan Bandungan di kaki Gunung Ungaran, juga menyuguhkan pesona alam menarik di kaki Gunung Merbabu, yakni Hutan Pinus Kalipasang. Jadi, untuk para pelancong yang ingin merasakan sensasi wisata alam hutan pinus, tak perlu jauh-jauh ke Mangunan di Bantul, DIY, karena Semarang juga menyimpan keindahan serupa di Hutan Pinus Kalipasang.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai Hutan Pinus Kalipasang, rangkuman dari laman resmi Taman Nasional Gunung Merbabu dan Kementerian LHK.



Menikmati Keindahan Alam Hutan Pinus Kalipasang

Lokasi dan Rute Menuju Kalipasang

Hutan Pinus Kalipasang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, berlokasi di Pulihan, Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Dari pusat Kota Semarang, perjalanan bisa dimulai dengan melalui jalan tol Semarang-Solo dan keluar di gerbang Salatiga. Setelah itu, arahkan ke kanan menuju Terminal Tingkir Salatiga dan ambil Jalan Lingkar Selatan Salatiga. Belok kiri di Simpang Empat Kumpulrejo menuju Jalan Raya Kopeng, lalu belok kiri ke Jalan Tambangan hingga sampai di destinasi. Perjalanan dari Semarang memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Bagi yang berasal dari Magelang, jalur Kopeng dapat menjadi pilihan menuju Hutan Pinus Kalipasang. Waktu tempuh dari pusat Kota Magelang sekitar 1 jam 15 menit.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam Hutan Pinus Kalipasang, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000,00 di loket. Terdapat juga biaya asuransi sebesar Rp1.000,00 per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Fasilitas Wisata

Pesona Wisata Kalipasang menawarkan fasilitas lengkap, termasuk area parkir, loket masuk, toilet, mushola, aula, camping ground, menara pandang, teater alam, dan sumber air bersih melimpah. Semua fasilitas ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

BACA JUGA  Kebun Raya Indrokilo Bayolali, Wisata Edukasi Yang Menarik Dikunjungi
Jam Operasional

Hutan Pinus Kalipasang buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.30 WIB. Bagi yang berencana camping, sebaiknya datang sebelum pukul 17.30 WIB.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Kalipasang:

Pemandangan Indah Hutan Pinus

Hutan Pinus Kalipasang, sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu, menyuguhkan suasana sejuk dan pemandangan alam hutan pinus yang menakjubkan. Kebersihan dan keasrian lingkungan sangat terjaga, membuat tempat ini sempurna untuk berfoto-foto.

Berfoto di Menara Pandang

Selain menikmati keasrian hutan pinus, pengunjung dapat berfoto di menara pandang yang disediakan oleh pengelola. Dari sini, terlihat pemandangan wilayah perkotaan yang terletak lebih rendah dari lereng Gunung Merbabu. Meskipun perlu berjalan kaki beberapa ratus meter untuk mencapai menara pandang, namun keindahan pemandangan akan memuaskan setiap perjuangan.

Hiking di Lereng Merbabu

Bagi pengunjung yang menyukai hiking, Hutan Pinus Kalipasang menawarkan jalan setapak yang nyaman untuk berkeliling hutan pinus. Sambil berjalan-jalan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar. Disarankan membawa bekal makanan ringan dan minuman untuk menjaga energi selama hiking, serta membuang sampah pada tempatnya.

Camping di Bawah Pohon Pinus

Hutan Pinus Kalipasang memberikan pengalaman camping yang tak terlupakan. Pengunjung dapat berkemah di bawah pohon pinus, dan tersedia hammock yang dapat dipasang di antara pohon untuk bersantai. Tenda dan perlengkapan camping lainnya dapat disewa. Penting untuk membawa bekal makanan, karena warung terbatas di area ini.

Hutan Pinus Kalipasang, dengan keindahan dan aktivitas seru yang ditawarkannya, menjadi destinasi wisata alam yang menggoda di Kabupaten Semarang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...