Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Kupat Sableng Brebes, Perpaduan Gurih Pedas dengan Kelezatan Sate Blengong

Kupat Sableng Brebes

Kupat Sableng Brebes merupakan kuliner khas Pantura, terutama wilayah Brebes dan Tegal yang sangat sayang apabila Anda lewatkan.

Ketupat atau Kupat ialah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda (janur). Biasanya, makanan ini disajikan dalam perayaan agama seperti Idul Fitri dan dimakan bersama dengan lauk pauk lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Brebes, Jawa Tengah, Anda akan menemukan varian makanan dari Ketupat, yaitu Kupat Sableng. Saat berkunjung ke sana, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lezat ini yang memiliki rasa pedas dan gurih.



Kuliner asli Brebes ini menggabungkan ketupat, kuah santan, dan sate blengong sebagai lauk. Sate blengong terbuat dari daging Blengong, yaitu gabungan bebek dan menthok (Itik Serati).

Kelembutan tekstur sate dicapai setelah melalui berbagai proses pengolahan. Salah satu cara memasak sate blengong adalah merendamnya dengan bumbu santan dan ditusuk menggunakan lidi yang panjang.

Setelah bumbu meresap, sate kemudian dibakar dengan arang dan disajikan selagi masih hangat.

Ketika membeli Kupat Sableng, Anda dapat meminta untuk menambahkan jumlah cabai dalam bumbu kuah ketupat sesuai selera Anda. Bagi yang menyukai makanan pedas, Anda dapat meminta banyak cabai untuk ditambahkan. Bagi yang tidak suka, Anda dapat meminta sedikit cabai atau tidak sama sekali.

Bagi Anda yang ingin menikmati hidangan ini, ada banyak warung makan yang menjual Kupat Sableng di Brebes. Biasanya, hidangan ini dijual pada sore hingga malam hari, karena memang menjadi menu makanan malam di sana.

BACA JUGA  Soto Esto Salatiga, Soto Legendaris Yang Dijajakan di Garasi Bus

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...