Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Oleh-oleh Grobogan Terbaik Untuk Keluarga Tercinta di Rumah

Oleh-oleh Grobogan

Oleh-oleh Grobogan berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi Anda saat berkunjung ke Kota Swieke ini.

Walaupun kota ini tidak sebesar dan sepopuler kota-kota sekitarnya seperti Solo, Semarang, dan lain-lain, namun siapa sangka bahwa kota ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menarik bagi para wisatawan.

Selain itu, ada juga sejumlah kuliner khas Grobogan yang pantas dijadikan oleh-oleh. Kuliner-kuliner tersebut tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat, tetapi juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, keunikan dan rasa dari kuliner-kuliner di Kabupaten Grobogan dapat dianggap sebanding dengan daerah-daerah yang lebih terkenal.



Oleh-oleh Grobogan Yang Unik dan Menggugah Selera

Berikut ini adalah oleh-oleh khas Kabupaten Grobogan yang bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Emping Jagung
Emping Jagung Grobogan

Makanan ini menjadi oleh-oleh yang khas karena di Grobogan menjadi salah satu sentra penghasil jagung. Emping jagung memiliki rasa yang khas, yaitu renyah dan gurih, serta lebih tipis jika dibandingkan dengan emping melinjo.

Makanan ringan ini sangat pas untuk dijadikan camilan saat menonton TV atau berbincang-bincang dengan keluarga. Rasa gurih dan sedikit pedas dari makanan ringan ini juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Purwodadi di kalangan masyarakat setempat.

Yangko
Yangko Grobogan

Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Purwodadi yang memiliki nama serupa dengan wingko. Yangko dibuat dari campuran gula dan ketan. Di dalamnya terdapat isian gula jawa atau kacang yang telah dihaluskan.

Dari penampilan dan kemasannya, kue ini sangat menyerupai dodol asli Garut. Namun, yang membedakan kue yangko adalah variasi warnanya yang mencakup hijau, kuning, dan merah muda.

Kue ini diproduksi secara massal di desa Godong, Kabupaten Grobogan dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA  Oleh-oleh Khas Solo Ini Jangan Sampai Terlewat
Kue Semprong
Semprong Grobogan

kuliner satu ini mirip dengan egg roll. Rasanya manis, asin, dan renyah. Cemilan kering ini menjadi oleh-oleh yang populer di Purwodadi. Merk yang terkenal adalah Ganeca. Kue semprong umumnya disajikan oleh masyarakat Grobogan saat Hari Raya. Ini tentu menjadi salah satu oleh-oleh yang sesuai sebagai hadiah ketika mengunjungi keluarga.



Marning Jagung
Marning Jagung Grobogan

Makanan ringan yang satu ini terbuat dari jagung dan memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang renyah. Kamu pasti akan ketagihan mencicipinya. Sekarang ini, kamu bisa menemukan banyak variasi rasa yang tersedia di pasaran. Marning jagung juga merupakan oleh-oleh khas Purwodadi yang mudah ditemukan di toko oleh-oleh.

Sale
Sale Grobogan

Banyak daerah yang menghasilkan sale sebagai oleh-oleh khas. Ini karena rasa sale yang lezat dan daya tahannya yang terbukti. Namun, setiap daerah memiliki citarasa yang berbeda.

Sale Purwodadi dijual dalam dua varian: basah dan kering. Kamu dapat memilih sesuai selera. Pasti akan tersedia di pusat oleh-oleh.

Sambal Pecel Gambringan
Sambal Pecel Gambringan Gobrogan

Sambal pecel sudah menjadi makanan yang umum. Namun, setiap daerah memiliki sambal pecel dengan karakteristik yang berbeda-beda, seperti sambal pecel gambringan yang memiliki rasa gurih dan asin yang khas. Ini berbeda dengan sambal pecel lain yang lebih manis.

Anda bisa mendapatkan sambal pecel kering di toko oleh-oleh pusat Purwodadi. Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Telur Asin Bledug
Telur Asin Bledug Grobogan

Telur asin ini serupa dengan telur asin biasanya. Namun, yang membedakannya adalah penggunaan garam lokal Puwodadi dalam proses pembuatannya. Selain itu, nama bledug berasal dari daerah penghasil garam, yaitu Bledug Kuwu.



Sirup Kartika
Sirup Kartika Gubug Grobogan

Sirup Kartika merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas yang terkenal di kalangan penduduk Grobogan. Pabriknya terletak di Desa Gubug, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Sirop dengan kemasan yang berwarna merah khasnya dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko, terutama di beberapa pusat oleh-oleh Purwodadi.

BACA JUGA  Nasi Becek Purwodadi, Kuliner Daging Berkuah Yang Bikin Lidah Bergoyang
Kecap Purwodadi Cap Udang

Kecap Purwodadi Cap Udang terkenal dengan reputasinya yang legendaris. Produk ini dapat ditemukan di beberapa tempat penjualan oleh-oleh dan di pasar modern Purwodadi.

Kecap ini dilabeli dengan label berwarna cerah kuning dengan gambar udang berwarna merah. Labelnya menampilkan nama Kecap Purwodadi cap Udang Manis Gurih yang dibuat oleh Ny. Oei Hok Hoo dan dikemas dalam botol kaca dan plastik.

Tempe Keripik
Tempe Keripik Grobogan

Di samping kecap, Kedelai Grobogan diolah menjadi berbagai produk, termasuk tempe kripik yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kerabat. Makanan ini terkenal di Grobogan dan dianggap sebagai hidangan khas Purwodadi. Tempe kripik sangat pas sebagai camilan atau pelengkap makan nasi.

Pusat Oleh-oleh Grobogan

Harus diingat bahwa kebanyakan barang oleh-oleh yang disebutkan di atas tersedia di tiga lokasi pusat oleh-oleh di Grobogan. Ketiga lokasi tersebut adalah Pusat Oleh-Oleh Purwodadi “Mas Bambang” di Jalan Purwodadi-Solo, yang terletak di Desa Depok, Kecamatan Toroh.

Selanjutnya, Pusat Oleh-Oleh Purwodadi “Toko Dewi” di Jalan MT Haryono No 91 Purwodadi, sekitar 250 meter ke utara dari perempatan RS Yakkum Purwodadi.

Terakhir, Pusat Oleh-Oleh Purwodadi “Toko Viva” di Jalan Ahmad Yani No 37, sekitar 50 meter ke timur dari Pasar Induk Purwodadi.


Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...