Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Pecel Keong Mbak Toen Banyubiru, Kuliner Unik Yang Dikenal Hingga Negeri Jiran

Pecel Keong Mbak Toen Banyubiru

Pecel Keong Mbak Toen Banyubiru, Kabupaten Semarang, merupakan salah satu kuliner legendaris di sekitar Salatiga yang masih ada hingga saat ini. Ia memadukan pecel dengan keong sawah sehingga menghasilkan cita rasa yang unik.

Pecel merupakan makanan yang populer di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pecel sering disajikan dengan berbagai olahan kuliner lainnya, termasuk salah satunya adalah keong yang dijual di daerah Muncul, dekat Salatiga.

Salatiga merupakan kota kecil di wilayah provinsi Jawa Tengah. Selama ini daerah sekitar Salatiga dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang cukup menawan.

Namun, siapa sangka daerah sekitar Salatiga selain memiliki keindahan alam, juga memiliki makanan khas yang unik. Yakni pecel yang dipadukan dengan keong sawah.

Namun, di sekitar kawasan Salatiga terdapat warung yang menyajikan kuliner khas pecel yang dipadukan dengan keong atau keong besar.

Berjualan Sejak Tahun 1970-an

Warung penjaja kuliner unik itu adalah Warung Pecel Mbak Toen yang terletak di Jalan Raya Muncul, Dusun Rowoganjar, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Warung Pecel Keong yang unik ini juga cukup melegenda, karena sudah ada sejak tahun 1970-an.

Di warung ini, pengunjung juga bisa menikmati aneka masakan nasi pecel, mulai dari nasi pecel belut, nasi pecel ayam, nasi pecel mujair dan nasi pecel belut.

Keong goreng pedas dan belut menjadi menu favorit warung Mbak Toen ini. Setiap hari, warung ini mengolah sekitar 25 kg keong sawah yang dipadukan dengan nasi pecel.

Seporsi nasi pecel terdiri dari mie dan sayuran, selanjutnya dituang dengan sambal kacang pedas dan gurih. Dari perpaduan tersebut kemudian tercipta perpaduan rasa yang unik. Sajian tumis keong yang empuk sebagai pelengkap hidangan juga jangan sampai terlewatkan.

BACA JUGA  Brekecek Pathak Jahan Khas Cilacap, Kuliner Kepala Ikan dengan Rasa Gurih Pedas



Selain itu, warung ini juga menyajikan masakan unik lainnya berupa perpaduan kolak ketan dengan pisang kepok. Namun, menu utama atau primadona di warung tersebut adalah Nasi Pecel Keong, Nasi Pecel Belut, dan Kolak Ketan Pisang Kepok.

Selain enak, sajian kuliner unik yang terletak tidak jauh dari pusat kota Salatiga yaitu nasi keong pecel juga sangat terjangkau. Seporsi nasi pecel keong hanya sekitar 12ribu rupiah saja.

Dikenal Hingga Malaysia

Tidak hanya digandrungi oleh masyarakat dalam dan luar kota. Kelezatan kuliner ini juga dikenal hingga negara tetangga Malaysia. Bahkan salah satu media dari sana rela datang dan menikmati nasi keong pecel Mbak Toen.

“Dulu ada orang Malaysia, Mas. Jadi tidak hanya warga lokal dan media di Indonesia. Tapi ada juga orang Malaysia,” kata Sis Haryanto, pengelola Rumah Makan Mbak Toen, dikutip dari radarsemarang.jawapos.com.

Lokasi Warung Mbak Toen juga cukup mudah dijangkau. Tempat makan ini juga terletak di dekat tempat wisata pemandian air alam Muncul yang sangat populer di kalangan masyarakat Salatiga.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...