Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Sate Blora, Sate Terbaik dengan Kenikmatan Tiada Dua

Sate blora

Potongan daging yang ditusuk rapi pada lidi kemudian dimasak di atas arang dan disantap dengan sambal kacang serta tambahan kecap manis merupakan deskripsi olahan sate yang biasa ditemukan. Namun ternyata tidak semua sate sama di setiap wilayah Indonesia. Sate yang familiar dikenal biasanya Sate Madura atau Sate Padang. Padahal ada juga Sate Blora dengan keunikan dan kelezatan yang tak boleh dilewatkan.

Kabupaten Blora dikenal dengan Kota Jati, Kota Minyak, Kota Barongan dan dikenal dengan keunikan satenya. Biasanya di lain wilayah hanya terdapat sate kambing atau sate ayam. Namun di Blora dapat dijumpai sate dengan daging sapi atau biasa disebut dengan sate jagal.

Lalu apa saja perbedaan Sate Blora dengan sate lainnya?

Keunikan Sate Blora

Ada beberapa keunikan Sate Blora dengan sate-sate lainnya. Keunikan tersebut mulai dari cara penyajian, sambal dan tusuk yang digunakan. Yuk kita urai keunikannya ini satu persatu.

Penyajian
Nasi beralaskan daun jati

Salah satu keunikan sate ini adalah terletak pada penyajiannya. Blora dikenal dengan kota jati karena lokasinya berada di tengah hutan jati maka segala kuliner yang disajikan biasanya diberi alas daun jati termasuk penyajian sate. Banyak yang sudah membuktikan cara penyaian seperti ini membuat makanan akan terasa lebih nikmat.

Penyajian nasinya juga unik karena selain dihidangkan di pincuk jati juga di atasnya disiram kuah kuning opor dan taburan tauge yang sangat cocok disantap bersama sate.

Biasanya di warung sate yang dipesan hanya berapa porsi nasi dan sambal kacangnya. Karena satenya akan dihidangkan dalam piring dengan porsi yang banyak. Porsinya cukup untuk satu meja dan jika sate yang dihidangkan sudah tidak hangat, sate akan dibakar kembali dan diganti dengan sate yang baru dan lebih hangat.

BACA JUGA  Bakso Titoti Wonogiri, Bakso Asli Teruji Sejak 1971
Pengolahan
Sate Blora sudah dibumbui saat proses pembakaran
Sate sudah dibumbui saat proses pembakaran

Keunikan lainnya adalah pada saat proses pengolahan atau pembakaran sate. Daging sate yang akan ditusuk dan dimasak di atas arang sebelumnya sudah dibumbui dengan bawang putih, gula merah, dan ketumbar. Dengan proses ini, daging sate sudah terasa sedap dan gurih sebelum dipadukan dengan sambal kacang atau makanan pelengkap sate lainnya.

Sambal Kacang
Sambal kacang disajikan terpisah dengan sate
Sambal kacang disajikan terpisah dengan sate

Seperti halnya Sate Madura, sambal kacang juga digunakan sebagai pelengkap saat mengonsumsi sate ini. Pembeda sambal kacang antara Sate Madura dengan Sate Blora terletak pada tekstur sambalnya. Tekstur sambal Sate Blora lebih lembut karena kacang dilakukan penggilingan berulang kali dan tak terlalu kental.

Sambal kacang Sate Blora juga terasa lebih gurih dan pedas karena dimasak dengan kuah santan dan bumbu-bumbu lainnya. Jika terasa masih belum pedas, biasanya juga disediakan cabai ulek pada mangkuk terpisah.

Tusuk Sate Jangan Dibuang
Sate Blora
Tusuk sate dikumpulkan, karena hitungan harga sate berdasarkan jumlah tusuk

Ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat menikmati Sate Bumi Mustika ini . Pembeli boleh makan sepuasnya namun harus diperhatikan untuk tidak membuang tusuk satenya. Karena dari tusuk sate tersebut penghitungan harga berapa sate yang anda makan dan dibayarkan. Tapi ada beberapa warung yang saat ini sudah tidak menggunakan penyaian seperti ini. Jadi pastikan bertanya terlebih dahulu sebelum memesan.

Pasti penasaran kan dengan sajian sate khas Blora ini? Yuk agendakan main-main dan kulineran di Blora.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...