Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Sigandul View Temanggung, Menikmati Secangkir Kopi Berlatar Panorama Gunung Sumbing

Sigandul View Temanggung

Berwisata dengan pemandangan pegunungan? Kabupaten Temanggung adalah salah satu lokasi yang tepat untuk kemu kunjungi. Selain Posong, di Temanggung juga terdapat Sigandul View Temanggung yang menawarkan panorama Gunung Sumbing dan Sindoro. Lokasi sangat strategis di Jl. Raya Parakan – Wonosobo, hanya 170 meter dari Jembatan Sigandul.

Yang menarik di Sigandul View adalah jembatan kaca setinggi 12-15 meter di lantai 2. Jembatan kaca ini juga menjadi daya tarik utama. Saat kondisi cerah, wisatawan bisa berswafoto atau berfoto sepuasnya dengan pemandangan pepohonan dan pegunungan. Selain itu, ada juga tempat bersantai sambil menyeruput kopi.

Sedangkan di lantai tiga terdapat teropong untuk melihat keindahan pemandangan alam kawasan tersebut. Di bagian bawah yang tak kalah menarik adalah taman kelinci dan kolam koi. Ada juga vila bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Meski tergolong baru, ada beberapa keindahan Sigandul yang menjadi alasan mengapa kamu perlu berkunjung ke sini.



Daya Tarik Sigandul View Temanggung

Kafe dan Restoran dengan Panorama Gunung Sumbing

Sigandul View terdapat kafe dan restoran yang menawarkan berbagai menu minuman kekinian, baik kopi maupun non kopi. Selain itu juga terdapat makanan berat dan makanan ringan yang dapat kamu pilih sesuai selera.

Jadi kamu bisa nongkrong sambil mengisi perut yang lapar dengan pemandangan alam yang menenangkan. Suasana alam sekitarnya juga sangat bersahabat dengan landscape hijau pepohonan. Dari Sigandul, wisatawan bisa melihat dengan sempurna kemegahan Gunung Sumbing. Kamu dapat mengamati keindahan Temanggung melalui kafe di atas atau di atap dengan duduk di atas rumput buatan.

Kafe ini juga memiliki tempat duduk indoor dan outdoor untuk menambah kenyamananmu. Sigandul View adalah tempat yang tepat untuk bersantai dengan pemandangan alami yang sempurna.

Jembatan Kaca

Sigandul View memiliki beragam spot foto yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto. Salah satu yang paling populer adalah jembatan kaca. Dari Jembatan kaca ini wisatawan bisa langsung melihat pemandangan Gunung Sumbing yang tampak berdiri gagah menjulang ke langit.

BACA JUGA  Kebun Raya Indrokilo Bayolali, Wisata Edukasi Yang Menarik Dikunjungi

Di sini kamu juga bisa mengambil foto untuk acara seperti foto pernikahan atau foto souvenir.

Kolam ikan dan taman kelinci

Destinasi ini juga menjadi tempat yang cocok buat anak-anak. Di lokasi ini terdapat kolam ikan hias dan di sekitar area kolam penuh dengan rumput luas yang hijau. Jika kamu membawa anak kecil, kamu juga bisa mengajari mereka cara merawat dan memberi makan kelinci di taman kelinci.

Menginap di Villa Sigandul

Bagi kamu yang tinggal jauh dari Temanggung, di Sigandul View juga tersedia tempat menginap berupa villa. Villa ini dekat dengan Sigandul, sehingga Anda selalu bisa merasakan suasana Sigandul yang menyegarkan.

Menginap di tempat sejuk seperti Sigandul pasti akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan bahagia. Rehat sejenak dari pekerjaan dan menghirup udara Sigandul memang sangat bermanfaat untuk menyegarkan otak.

Pendopo Sigandul

Keberadaan pendopo ini bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya keluarga atau bisa juga digunakan untuk mengadakan kumpul-kumpul bersama. Pendopo ini sering digunakan pengunjung untuk acara-acara lain seperti ulang tahun, rapat dan acara penting lainnya.

Area Camping Sigandul

Jika kamu tidak ingin menginap di vila, ada area yang disediakan untuk berkemah. Pastinya kamu yang menyukai suasana alam terbuka Camping Ground Sigandul View ini akan menjadi tempat yang asyik.

Selain tempatnya yang luas, pemandangannya juga sangat indah, sayang untuk dilewatkan. Kamu juga bisa melihat indahnya matahari terbit, panorama pegunungan yang indah, dan udara di sekitar lokasi yang sangat sejuk.



Fasilitas Wisata Sigandul View

Destinasi wisata seindah apapun, tanpa fasilitas yang memadai tentu akan mengurangi minat pengunjung untuk berkunjung. Di Sigandul View, fasilitasnya sangat mendukung dan lengkap. Berikut fasilitas yang akan Anda temukan:

  • Area Parkir yang luas untuk roda 2 maupun roda 4.
  • Spot foto yang kekinian dengan beraneka keunikan.
  • Tempat sholat yang bersih.
  • Toilet yang terjaga.
  • Ada Indoor, Outdoor, dan Rooftop.
  • Tempat bermain anak-anak atau Playground.
  • Taman kelinci sekaligus untuk edukasi.
  • Villa untuk staycation.
  • Kolam ikan hias.
  • Jeep untuk berkeliling ke Sigandul View.
  • Gazebo untuk bersantai dengan keluarga.
  • Taman rumput yang indah.
BACA JUGA  Pantai Nampu, Keindahan Tersembunyi di Wonogiri

Tiket Masuk Sigandul View Temanggung

Objek wisata ini masih tergolong baru. Tempat wisata yang baru dibuka pada April 2022 ini mengenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Ada juga kafe dan restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Harga makanan mulai dari Rp 15.000.

Setelah itu, harga sewa vila per malam bervariasi. Jika berminat, pengunjung bisa ditanyakan langsung melalui kontak di laman Instagram Sigandul View.

Jam Buka

Bagi pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat pemandangan di Sigandul View tanpa berniat menginap, bisa mulai berkunjung dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Untuk weekend atau akhir pekan, jam buka adalah pukul 05:00 WIB. Alasan buka lebih awal adalah agar pengunjung bisa menikmati panorama sunrise atau sunset di atas Sigandul View.

Rute Sigandul View

Sigandul View terletak di jalan antar kabupaten dan jalan provinsi, jalur ini banyak dilalui angkutan umum, sehingga kamu dapat mengunjungi kawasan wisata ini dengan kendaraan umum.

Salah satu angkutan umum yang dapat digunakan adalah bus. Jika datang dari luar kota, seperti dari Yogyakarta, calon pengunjung bisa naik bus Efisien.

Saat naik bus, kamu bisa minta turun di depan Sigandul View lalu jalan kaki ke loket atau pintu masuk.

Sedangkan jika dari pusat kota Temanggung, pengunjung bisa memilih naik kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan cepat. Berjarak sekitar 17,3 km (km) dari pusat kota Temanggung. Dalam waktu sekitar 30 menit, pengunjung dapat mengendarai kendaraan untuk mencapai tujuan.

Rutenya sangat mudah. Pengunjung hanya perlu mengambil jalan utama menuju Kabupaten Wonosobo melalui Kledung. Setelah itu, Sigandul View akan berlokasi di jalan utama Temanggung-Wonosobo.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...