Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Pantai Ayah Kebumen, Keunikan dan Keindahannya Yang Menawan

Pantai Ayah Kebumen

Kabupaten Kebumen adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata pantai. Hal ini karena Kebumen bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika di Kebumen terdapat banyak sekali pantai cantik, salah satunya adalah Pantai Logending atau yang dikenal Pantai Ayah Kebumen.

Pantai Ayah atau Pantai Logending menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Kebumen. Di lokasi ini wisatawan dapat menikmati deburan obak dan pemandangan yang menentramkan. Hamparan Samudera Hindia alan terlihat luas sejauh mata memandang.

Asal-usul Penyebutan Pantai Ayah

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa Pantai Logending ini disebut dengan Pantai Ayah? Berikut asal-asul kenapa pantai ini disebut Pantai Ayah.

Secara administratif Pantai Logending berada di Jl. Pantai Pasir Km. 01, Logending, Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Nah, dugaan terkuat Pantai Logending disebut juga dengan Pantai Ayah karena mengikuti wilayah administratif pantai tersebut.

Sejarah Pantai Logending/ Pantai Ayah

Pantai Ayah Logending KebumenFot
Foto: doc. Gianto Putera

Sejarah Pantai Logending Ayah Kebumen menurut penuturan Juru Kunci makam Selo Kabut yang bernama Pak Sastro mengemukakan bahwa dilokasi terdapat makam Ki Ajar Tonggo yang dulunya bermukim di Pantai Logending.

Dahulu, saat daerah Ayah dikuasai dan diperintah oleh Adipati Suronegoro dan Kartonegoro I pada masa penjajahan Jepang menjadi tempat untuk merancang strategi. Strategi yang ada yaitu guna mengintai dari pos jaga, ditepi atau atas dari Pegunungan Gajah terdapat sebuah benteng untuk mengintai musuh yang datang dari Barat Cilacap dan Nusa Kambangan, semua bisa terlihat bahkan yang menggunakan perahupun bisa terdeteksi dari sini.

Karena letaknya yang dari dulu memang menjadi pilihan bersembunyi bahkan saat pergolakan revolusi tahun 1948 sampai 1950, lokasi ini masih menjadi pilihan. Banyaknya orang yang silih berganti membuat Pantai Logending terkenal hingga saat ini dan dijadikan objek wisata berupa Pantai Ayah



Keunikan Pantai Ayah Kebumen

Pantai Logending Kebumen
Foto: doc. Sahly Vs

Pantai ayah memiliki garis pantai yang mencapai 200 meter. Pada bagian timur berbatasan dengan tebing terjal batu gamping. Berikut beberapa keunikan Pantai Ayah yang perlu kamu pertimbangkan untuk dikunjungi saat di Kebumen.

Perpaduan Wisata Hutan dan Wisata Bahari

Pantai Ayah berada di antara kawasan hutan jati Perum Perhutani KPH Kedua Selatan dengan Laut Selatan atau Samudera Hindia. Kombinasi pantai dan hutan seperti ini sangat jarang dijumpai. Bisa dikatakan Pantai Ayah sebagai satu-satunya di Jawa Tengah.

Pantai yang jaraknya sekitar 8 Kilometer dari Wisata Gua Jatijajar ini memiliki air yang jernih, seperti hamparan pasir yang luas dan landai.

Selain menikmati pantai, pengunjung juga dapat menikmati Hutan Wisata Logending. Nama Logending berasal dari kata “Lo” dan “Gending”.

“Lo” merupakan nama sebuah pohon yang kayunya dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai alat music khas dari Jawa. Alat musik khas Jawa tersebut biasa disebut dengan Gending. Jadi nama Logending merupakan gabungan dari kata Lo dan Gending.

Karena letak pantai berada di kawasan hutan Logending, maka nama pantai tersebut juga disebut dengan Pantai Logending.

BACA JUGA  Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Hamparan Pesona Kebun Teh Di Kaki Gunung Lawu
Pohon Langka di Hutan Logending

Selain menawarkan keindahan yang menawan, terdapat hal lainnya yang juga tak kalah unik, yakni keberadaan pohon mahoni Afrika. Tanaman yang terbilang langka tersebut sampai saat ini masih tumbuh di hutan wisata Logending.

Pemandangan hijau di sekeliling Pantai Ayah tentu semakin mempercantik pemandangan yang dapat dinikmati wisatawan. Perbukitan dan hutan yang hijau dan laut biru menjadi suguhan yang menyegarkan mata.

Muara Pemisah Kabupaten

Di sekitar pantai juga terdapat muara yang menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap. Pengunjung dapat menyusuri muara tersebut dengan perahu pesiar yang disediakan nelayan setempat. Anda dapat memilih perahu tradisional, maupun tempel untuk menelusuri muara Sungai Bodo.

Selain air Sungai Bodo yang tenang, pohon-pohon playau di tepi sungai yang rimbun, dan hutan jati yang lebat milik Perhutani. Semua pemandangan itu menambah indah.

Batu Keramat

Seperti halnya pantai selatan lainnya, Pantai Logending juga tak luput dari cerita mitos tentang Nyi Roro Kidul. Terlebih dengan adanya beberapa peninggalan dan batu-batuan yang dipercaya sebagai benda keramat dan bisa menarik wisatawan untuk terus berdatangan.

Di pantai ini juga terdapat batu keramat yang diyakini masyarakat sebagai gerbang Nyi Roro Kidul. Dilihat dari kejauhan, batu karang tersebut terlihat seperti seekor beruang yang sedang minum air laut.

Terlepas dari cerita mitos yang melatarbelakanginya, Pantai Logending memang layak untuk dikunjungi karena pesonanya yang memang tidak bisa dielakka

Beberapa Aktivitas Pilihan di Pantai Ayah

Pantai yang berlokasi di wilayah Selatan memang dikenal dengan ombaknya yang besar. Jadi saat mengunjungi pantai ini wisatawan dihimbau untuk berenang di area pantai demi keselamatan. Meski demikian ada beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan, di antaranya:

Naik Perahu
Perahu Pantai Logending
Foto: doc. Azzam Najib Habibie

Di Pantai Logending wisatawan dapat menaiki perahu untuk menikmati keindahan pantai. Di pantai ini wisatawan dapat menyewa perahu yang disediakan pengelola/ warga sekitar dengan tarif yang cukup terjangkau.

Perahu yang tersedia di tempat lokasi ini cukup besar dan bisa menampung hingga 10 orang atau lebih. Jadi kamu yang sedang liburan bersama keluarga, dapat mengajak rombongan naik perahu ke tengah laut untuk pengalaman yang tak terlupakan.



Berenang

Pengunjung Pantai Ayah diperbolehkan untuk bermain di laut tetapi tetap di area yang aman yang sudah ditentukan. Ombak di pantai ini bisa berbahaya dan lebih tinggi dari biasanya pada waktu-waktu tertentu sehingga wisatawan yang berenang di pantai harus mengikuti arahan atau peraturan pengelola pantai ini.

Wisata Kuliner

Rasanya ada yang kurang apabila mengunjungi Pantai Ayah tanpa menikmati kuliner lautnya yang lezat. Kuliner ini biasanya dijajakan di warung-warung yang berada di sekitar pantai. Terdapat beragam menu masakan laut yang biasa ditawarkan di kawasan pantai ini. Di Pantai Ayah juga menyediakan makanan khas, seperti grobi, gula kelapa, ikan hasil tangkapan nelayan. Selain itu juga terdapat berbagai makanan tradisional lainnya seperti bakso, batagor, soto, dan lain sebagainya dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

BACA JUGA  Sewa Jeep dan Motor Ke Puncak Telomoyo? Segini Tarifnya

Selain makan di tempat, wisatawan juga dapat membeli ikan segar tangkapan nelayan, atau pun ikan asin untuk dibawa pulang.

Naik ATV atau Berkuda

Bagi wisatawan yang ingin menjelajah area pantai dapat berkuda atau pun menyewa ATV. Dijamin petualangan akan semakin seru saat roda-roda ATV bergerak memutar di tanah pasir yang gembur.

Camping

Hutan mangrove dan gugusan perbukitan di kawasan Pantai Ayah sangat cocok bagi kamu yang menyukai kegiatan berpetualang atau pun camping.

Berfoto

Mengunjungi pantai cantik di Kabupaten Kebumen ini rasanya kurang lengkap jika tidak berfoto-foto. Beberapa titik di Pantai Logending menawarkan pemandangan indah yang sangat bagus untuk latar foto.

Pilihan spot foto yang ada di pantai ini cukup banyak, mulai dari pantai, hutan, jembatan merah, sungai, dan masih banyak lagi. Jadi pastikan kamu membawa kamera atau peralatan fotografi saat berlibur ke pantai di selatan Kebumen ini.

Fasilitas Pantai Ayah

Pantai Logending memiliki sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  1. Tempat Parkir Luas

Fasilitas parkir di pantai ini sangat luas, dapat menampung sepeda motor, mobil, hingga bus pariwisata. Namun saat musim libur panjang atau saat ramai pengunjung, tempat parkir di kawasan pantai ini akan penuh.

  1. Warung Makan

Warung-warung sederhana banyak berjejer menyediakan makanan dan aneka minuman.

  1. Tempat Bermain Anak

Salah satu sisi pantai disediakan sarana untuk tempat bermain anak. Selain di pantai, wisatawan juga bisa mengajak si kecil bermain di fasilitas bermain anak yang sudah disediakan.

  1. Mushola

Pantai Logending menjadi salah satu objek wisata pantai yang sudah memiliki fasilitas cukup lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas mushola di kawasan objek wisata ini.

  1. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi atau tempat ganti juga tersedia cukup banyak. Walaupun kamar mandinya biasa, tempatnya cukup nyaman untuk Anda yang ingin berganti pakaian setelah bermain di laut.

  1. Penginapan

Fasilitas penginapan di daerah Ayah bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menginap setelah berlibur di pantai ini. Fasilitas hotel atau homestay cukup nyaman untuk Anda beristirahat.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Pantai Logending di Desa Ayah, Kebumen. Setelah menikmati pantai, Anda bisa mampir ke objek wisata terdekat lainnya seperti Goa Jatijajar yang terkenal.



Lokasi Pantai Ayah

Lokasi Pantai Ayah ini berada sejauh 53 km dari pusat Kota Kebumen dan sekitar 8 km dari Objek Wisata Gua Jatijajar. Pantai ini juga mudah diakses dari arah Yogyakarta dengan menempuh jalur selatan ke arah Kecamatan Gombong.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, ambil rute yang menuju Goa Jatijajar. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti papan petunjuk arah menuju lokasi pantai ini. Lokasi pantai ini sekitar 8 km dari Goa Jatijajar.

Tertarik berkunjung ke pantai ini?

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...