Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Sitalang River Tubing Salatiga, Sensasi Menyusuri Sungai Sucen yang Memacu Adrenalin

Sitalang River Tubing Salatiga

SALATIGA, River tubing merupakan aktivitas wisata yang memanfaatkan medan sungai atau aliran irigasi menggunakan ban karet. River tubing menjadi salah satu kegiatan yang cukup marak akhir-akhir ini. Terdapat banyak tempat yang menyediakan layanan ini, salah satunya adalah Sitalang River Tubing Salatiga, Jawa Tengah.

Sensasi menghanyut menggunakan ban di sungai menjadi hal yang cukup menantang bagi sejumlah orang. Sensasi yang dirasakan tak kalah dengan kegiatan aktivitas arung jeram. Hal ini tentu bergantung pada medan sungai yang dilalui.

Sitalang River Tubing Disiapkan Sejak 2019

Foto: Instagram @sitalangrivertubing

Sitalang River Tubing Kauman Kidul Salatiga merupakan bagian dari Agrowisata Sitalang. Wahana ini dikembangkan sejak tahun 2019 dan dikelola karang taruna yang melibatkan para pemuda desa setempat.

Anggota Karang Taruna Kauman Kidul, Joseph Arimatea menjelaskan, pada awal merintis yang dilakukan adalah persiapan jalur dan sumber daya manusia yang akan mengelolanya. Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi kemudian membuat usaha ini berhenti karena adanya sejumlah aturan pembatasan. Baru kemudian wahana ini dijalankan kembali pasca Lebaran 2022, seiring dengan pelonggaran aturan terkait Covid-19.

Hingga saat ini, wahana ini menjadi satu-satunya River Tubing yang ada di Salatiga.

Keseruan Menyusuri Aliran Sungai Sejauh 2 Kilometer

Keseruan aktivitas river tubing ini dimulai dari Bendungan dan berakhir di Sitalang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Awal perjalanan dimulai dengan mengarungi Sungai Sucen. Pada satu kilometer pertama, peserta akan merasakan keseruan saat ban (dari ban dalam truk) ikut terbawa arus Sungai Sucen. Pada zona ini peserta akan menjumpai bebatuan berbagai ukuran yang berserakan di kanan dan kiri. Aliran air di sungai ini juga cukup deras. Tapi kondisi tersebut masih tetap aman karena kedalaman air berkisar 50-80 sentimeter.

BACA JUGA  Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable

Setelah melewati satu kilometer pertama, peserta akan tiba di rest area (titik peristirahatan) untuk sejenak beristirahat. Di lokasi ini peserta dapat menikmati sajian minuman dan makanan tradisional sembari mengembalikan tenaga.

Setelah menguji adrenalin yang cukup menguras tenaga di Sungai Sucen, peserta akan beralih saluran irigasi Ajigetas atau biasa juga disebut kali aji dengan arus yang lebih landai.

Pada zona ini, peserta dapat lebih tenang dan santai menikmati pemandangan alam. Mulai dari bentang pesawahan hingga sungai. Pemandangan tersebut keseluruhannya adalah pemandangan alam, tanpa melalui pemukiman penduduk.

Tetap Aman dengan Perlengkapan Keamanan yang Memadai

Selamat aktivitas menyusuri sungai ini, peserta akan mendapatkan pengawalan dari petugas. Untuk keamanan, setiap peserta dilengkapi dengan helm pelindung, pelampung, dan pelindung siku serta lutut. Selain itu, pada titik-titik sungai yang dianggap rawan juga terdapat petugas yang berjaga. Peserta yang menjajal wahana ini juga dijamin asuransi.

Kudapan Kuliner Tradisional

Setelah puas menyusuri Sungai Sitalang dan Kali Aji, peserta dapat menikmati kudapan dan makanan tradisional (makan besar). Sembari makan peserta juga dapat sembari menikmati keindahan alami di sekitar.

Pilihan Paket dan Reservasi Sitalang River Tubing

Pengelola menyediakan 2 paket yang dipilih peserta, yakni Paket Long Track

Track Irigasi. Paket Long Track merupakan paket komplit, yakni mulai dari bendungan dan berakhir di Sitalang. Sementara paket Track Irigasi dimulai dari Kali Aji.

Paket Long Track: Rp. 75.000
Fasilitas: 1 orang 1 ban, perlengkapan tubing, asuransi, pemandu, P3K, air mineral + makanan lokal, 1 kali makan besar (masakan tradisional).

Paket Irigasi: Rp. 50.000
Fasilitas: 1 orang 1 ban, perlengkapan tubing, asuransi, pemandu, P3K, 1 kali makan besar (masakan tradisional).

BACA JUGA  Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Hamparan Pesona Kebun Teh Di Kaki Gunung Lawu
Ketentuan Peserta:

Wajib reservasi (Senin-Jumat)
Pre-order Paket minimal 5 orang
Memakai alas kaki saat petualangan berlangsung

Reservasi/ Pemesanan:

Untuk reservasi dan pemesanan dapat menghubungi nomor WhatsApp 0813-2926-9069 atau 0857-4011-2939.

Lokasi Sitalang River Tubing

Alamat: Jl. Sitalang, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50712

Untuk lebih mudahnya dapat menggunakan navigasi Google Maps dengan klik di sini atau melihat maps di bawah ini:

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...