Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Soto Klethuk Pak Galo Blora, Ada Sensasi Seperti Mengunyah Kerikil

Soto Klethuk Pak Galo Blora

Soto Klethuk merupakan salah satu kuliner khas Blora yang cukup dikenal, terutama wisatawan lokal. Warung Soto Klethuk yang terkenal di Blora adalah Soto Klethuk Pak Galo.

Warung soto ini telah beroperasi sejak 1997 dan menu utamanya adalah Soto Klethuk. Saat ini, warung Soto Klethuk Pak Galo telah dilanjutkan oleh anaknya, namun konsistensi rasa masakan tetap terjaga.

Dalam hal rasa, soto ini tetap konsisten dari dulu hingga sekarang, sehingga membuat pelanggan datang kembali untuk menikmati kelezatan soto ini.

Soto Klethuk Pak Galo Blora disajikan dalam mangkuk yang berisi nasi yang ditaburi tauge, mi so’on, suiran ayam, dan telur ayam rebus yang dipotong menjadi empat. Setelah itu, disajikan sambel, kecap, kochai, taburan bawang goreng, dan kuah bening sebelum ditambahkan potongan getuk goreng.

Untuk melengkapi kenikmatan Soto Klethuk ini, tersedia beberapa jenis lauk pelengkap seperti perkedel, sate telur puyuh, sate ampela ati, tempe goreng, dan kerupuk. Warung ini juga menyediakan jenis makanan lain yang tak kalah nikmat.

Kuahnya bening tanpa santan seperti soto Semarang dan ada tambahan telur layaknya soto Lamongan. Namun, ketika menyantap soto ini baru akan terasa bedanya, sensasinya seperti mengunyah kerikil. Dan itulah yang menyebabkan soto ini dijuluki soto klethuk.

Di setiap hidangan soto klethuk terdiri dari suwiran ayam, taoge, bihun rebus, telur ayam, bawang goreng yang ditaburkan di atasnya, dan yang paling penting adalah klethuk dari singkong goreng yang menjadi taburan terakhir.

Klethuk terbuat dari ketela pohon yang dipotong kecil-kecil dan digoreng hingga menjadi keras. Meskipun begitu, teksturnya mudah untuk dikonsumsi dan memberikan rasa yang khas pada hidangan soto klethuk.



Dikunjungi oleh tokoh-tokoh ternama

Berbagai foto terpampang di dinding warung yang menemani para penggemar soto khas Blora tersebut. Foto-foto tersebut berasal dari berbagai kalangan, mulai dari selebriti hingga pejabat.

BACA JUGA  Wingko Salem Khas Demak, Kue Gurih dan Manis Sebagai Teman Ngeteh

Bupati Blora Arief Rohman merupakan salah satu pejabat yang sering mampir ke Soto Pak Galo. Tak terhitung sudah berapa kali Arief Rohman berkunjung ke sana.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Gubernur Aceh 2020-2022 Nova Iriansyah, dan Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Agus Andrianto juga pernah mampir ke sana.

Sementara itu, para selebriti seperti Gigi Band, Seventeen, Farid Adja, reviewer kuliner Almarhum Bondan Winarno, dan Dyo dengan akun Youtube Dyodoran yang memiliki 600 ribu subscriber pernah mencicipi soto khas Blora tersebut sekitar 2 tahun lalu.

Warung tersebut pertama kali dirintis dengan konsep mirip angkringan di pojok rumah bagian depan. Meja yang masih berukuran kecil dan terpal sebagai pelindungnya.

Namun, sejak setengah dekade terakhir, banyak tokoh ternama yang mampir ke warung tersebut saat bertugas di Blora.

Bahkan, Bupati Blora Arief Rohman sering mengajak tamu-tamunya untuk mencicipi soto khas Blora tersebut.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...