Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable

Svargabumi Borobudur Magelang

Svargabumi Borobudur Magelang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang sudah dikunjungi ribuan orang dari berbagai wilayah. Tidak salah jika tempat ini viral di media sosial dalam waktu cepat karena tempatnya yang menawarkan spot foto yang instagramable, tidak tanggung-tanggung ada puluhan spot foto yang bisa dicoba.

Svargabumi, objek wisata yang baru dibuka ini lokasinya berada di tengah hamparan sawah. Jangan membayangkan dengan bayangan sawah yang becek dan berlumpur yang gersang. Di Svargabumi sawah hijau yang tertata rapi mengelilingi beragam spot foto cantik. Svargabumi mengganti pematang sawah dengan jalan berlapis kayu yang cukup lebar. Aksen alami tetap terjaga karena terbuat dari kayu. Pengunjung dapat berjalan dari satu spot ke spot lain dengan nyaman.

Lokasi Di Tengah Sawah Milik Petani Sekitar

Lokasi spot foto di tengah sawah yang digarap petani sekitar. Foto: Doc. Instagram.com/aryajoinme

Sawah yang terhampar di tempat wisata ini merupakan milik penduduk desa dengan luas sekitar 3 hektar. Sebagai lahan sewaan, sawah-sawah yang terhampar masih digarap oleh para pemiliknya. Hasil panennya pun 100% milik petani. Jadi jangan heran jika saat berkunjung ada petani yang sedang sibuk bekerja di tengah sawah. Petani-petani inilah yang tetap menjaga agar sawah tetap produktif dan enak dipandang. Wisata ini dirintis sebagai wisata alternatif di Kawasan Borobudur. Konsepnya alam dengan daya tarik utama pemandangan Candi Borobudur, selain itu juga berkonsep pertanian, ekologi, UMKM, pemberdayaan, sehingga dapat dikatakan Svargabumi adalah indudtri ekonomi kreatif.



Asal Mula Nama Svargabumi Borobudur Magelang

Dinamakan Svargabumi karena wisata ini memiliki pesona panorama yang indah. Berasal dari kata Swarga yang berarti surga, bumi ya bumi. Jadi Svargabumi bermakna syurganya bumi. Svargabumu menawarkan pengalaman berfoto dengan suasana pedesaan yang kental. Latar belakang foto berupa hijaunya persawahan yang alami dan menawan. Back to nature adalah tema yang diusung Svargabumi untuk mengajak pengunjung menikmati keasrian Magelang dengan cara berbeda.

BACA JUGA  Omah Kembang Merbabu, Sensasi Suasana Swiss di Indonesia

Spot-spot Foto Kekinian, Namun Tetap Ramah Lingkungan

Terdapat berbagai spot foto yang menarik untuk dicoba. Semuanya bisa dicoba tanpa ada biaya tambahan. Pengunjung dapat berburu foto mulai dari selfie hingga prewedding. Seperti spot foto dengan pemandangan sawah seperti permadani yang hijau nan asri sepert di Bali, ayunan, kursi gantung, ranjang jaring-jaring, kolam estetik, area big bean. Hampir sebagian spot foto menggunakan ornamen warna kuning dan putih. Spot foto berupa kayu ukir dengan latar belakang Candi Borobudur dari kejauhan yang sangat menarik ketika pagi hari, ketika pemandangan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh terlihat jelas. Semua spot yang dicoba, sangat menunjang hasil foto yang bagus. Di sini juga menyediakan floating breakfast yang kekinian untuk berpose di kolam.

Harga Tiket dan Jam Buka Svargabumi Magelang

Pengunjung yang datang dikenakan tiket seharga Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap seperti area parkir yang luas sekitar 1 hektar, kedai-kedai makanan, mushola, toilet.

Objek wisata ini buka setiap hari, Senin hingga Minggu pkl. 08.00 WIB – 17.00 WIB. Libur nasional tetap buka. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari, mengingat berada di tengah sawah yang nyaman dinikmati hingga sore untuk mendapatkan pemandangan yang indah di Svargabumi.Siang hari juga tetap bisa berkunjung, namun jika uaca terik tidak direkomendasikan. Hampir ada 100 pengunjung setiap harinya.



Di Svargabumi sangat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pengunjung yang datang, akan dicek suhu tubuh, dan diwajibkan untuk menggunakan masker selama berada di tempat wisata. Penerapan 5 M sangat diberlakukan, seperti tersedianya pencucian tangan di sepanjang lorong masuk tempat wisata.

BACA JUGA  Kesongo Transit Point, Cuci Mobil dan Makan Sembari Menikmati Keindahan Danau Rawa Pening

Lokasi

Lokasi Svargabumi Borobudur Magelang berada di JL. Borobudur-Ngadiharjo, Sawah, Magelang, Jawa Tengah. Hanya berjarak 3 kilometer saja dengan Candi Borobudur. Tidak jauh juga dengan wisata Bukit Menoreh. Pengunjung cukup mengambil arah ke selatan menuju Balkondes Ngaran. Lokasinya berada di pesawahan pinggir jalan sehingga sangat mudah ditemukan.

Jadi selain terdapat banyak spot foto juga pemandangan tengah sawah yang asri dan menyejukkan pandangan dengan tanaman-tanaman sawah yang subur disekelilingnya sayang untuk dilewatkan.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...