Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Wisata Posong Temanggung, Pesona Pegunungan Yang Tak Tangung-Tanggung

Wisata Posong Temanggung

Berada di dataran tinggi, Temanggung menjadi destinasi wisata yang banyak diminati para traveller. Lokasi Temanggung diapit oleh 2 gunung gagah yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Saat cuaca sedang cerah terlihat secara jelas pegunungan lainnya seperti Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan lain-lain. Udara sejuk khas pegunungan dengan panorama alam yang menakjubkan itu dapat dinikmati secara jelas saat berwisata di Wisata Posong Temanggung, Jawa Tengah.

Sejarah Taman Wisata Posong

Wisata Posong Temanggung berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut. Berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Temanggung yaitu sekitar 26 kilometer dengan waktu hampir 1 jam. Menurut informasi warga setempat nama wisata Posong memiliki arti kosong. Sejarahnya dulu tempat ini berupa pos kosong yang pernah dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegro. Pos itu dibuat untuk mengelabui penjajah Belanda agar mereka menyergap pos yang kosong. Saat ini pos tersebut sudah tidak kosong tapi berubah menjadi wisata indah di Temanggung.

Sementara itu sejarah penataan kawasan wisata Posong Kledung Temanggung telah diawali sejak tahun 2010. Kawasan ini menempati area seluas 1,2 hektar. Wisata alam Posong terus mengalami pengembangan pada setiap tahunnya. Pengembangan tersebut diselaraskan dengan kondisi atau tren terkini, namun tanpa meninggalkan aspek kelestarian alam.

Daya Tarik Wisata Posong Temanggung

Daya tarik utama dari Wisata Alam Lembah Sindoro Posong adalah pemandangan alamnya yang sangat indah dan menakjubkan. Area lokasi luas terdiri dari beraneka ragam spot dengan daya tariknya tersendiri. Selain itu karena terletak di kaki Gunung Sindoro suhu di Posong Temanggung cukup dingin, yakni berkisar antara 10-19 derat celcius. Terus apa saja daya trik Wisata Posong Temanggung?

Panorama Alam

Terletak di kaki Gunung Sindoro, wisata posong menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari lokasi ini tampak Gunung Sindoro dan Sumbing gagah menjulang tinggi menembus awan. Saat cuaca cerah, langit juga tampak biru memanjakan mata. Landscape bentang alam Temanggung juga terlihat menawan dari ketinggian.

Golden Sunrise

Posong merupakan salah satu tempat terbaik di wilayah Temanggung untuk melihat detik-detik terbitnya matahari. Selain melihat indahnya matahari terbit, bonus lainnya adalah wisatawan atau pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan delapan puncak gunung di Jawa Tengah.

BACA JUGA  Bukit Dagi Abhinaya Magelang, Cara Lain Menikmati Keindahan Candi Borobudur

Delapan puncak gunung terdiri dari Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Andong dan Gunung Ungaran.

Karena momen ini terjadi hanya di pagi hari selepas subuh, maka pengunjung yang ingin menikmati atraksi alam ini sudah berada di lokasi wisata alam Posong sekitar pukul 04.00 WIB. Sebab, perjalanan menuju ke atas dari pintu masuk membutuhkan waktu sekitar satu jam. Gunakan jaket atau pakaian hangat lainnya. Karena suhu biasanya sangat dingin.

Beragam Spot Foto Instagramable

Bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan dokumentasi atau foto-foto, wisata posong menyediakan sejumlah spot selfie. Beberapa spot foto yang sering digunakan wisatawan untuk mengabadikan gambar diri adalah spot gardu pandang dan spot berlatar tulisan Posong dengan latar Gunung Sindoro.

Wisata Posong Temanggung
Salah satu spot foto yang jadi favorit wisatawan saat di Posong Temanggung. Foto: Doc. Nuryadi Lenviinzz

Di spot gardu pandang, pengunjung dapat berfoto dengan latar Gunung Sumbing beserta lembahnya. Selain itu juga terdapat papan kayu membentuk kata Posong sebagai salah satu landmark dari lokasi tersebut.

Selain spot-spot di atas juga terdapat banyak spot lainnya untuk di eksplor.

Kebun Tembakau dan Kopi

Perlu diketahui Wisata Alam Posong Kledung terletak di tengah-tengah kebun tembaku. Tanaman tembakau yang menghampar hijau ini juga bisa menjadi pemandangan yang indah dan menarik. Pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini juga dapat menjadikan kebun tembakau ini sebagai latar foto.

Kulineran Makanan Tradisional Sambil Menyeruput Kopi Arabica

Bagi wisatawan yang ingin mengisi perut disela-sela berwisata terdapat restoran yang menyaikan berbagai menu serta kuliner khas Temanggung. Misalnya cemplon yang mirip dengan kudapan timus dan gemblong. Keduanya berbahan baku singkong. Namun kedua kudapan ini memiliki rasa yang bertolak belakang. Cemplon memiliki rasa gurih manis, sedangkan gemblong lebih gurih dan asin. Jangan lupa juga untuk menyeruput kopi arabica khas Posong yang memiliki rasa dan aroma yang berbeda.

Paket dan Tarif Camping Wisata Posong Temanggung

Area Camping Ground Wisata Alam Posong
Area Camping Ground Wisata Alam Posong

Harga tiket Taman Wisata Alam Posong Rp 20.000. Fasilitas yang disediakan adalah gazebo, area taman yang luas, taman bermain yang representatif , outbound dan kemah. Taman Wisata Alam Posong memfasilitasi perkemahan dengan 5 paket berkemah.

BACA JUGA  Kenalkan Potensi Temanggung Lewat Paralayang

Paket pertama adalah paket camp family full service. Paket ini akan disediakan tenda berkapasitas 6-7 orang, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum. Makan 1 kali, charger. Tarifnya Rp 1.200.000

Paket kedua adalah paket camp family ekonomi dengan tarif Rp 700.000/tenda. Fasilitas yang disediakan sama dengan paket camp family full service. Hanya bedanya tidak ada acara api unggun, snack dan minum, serta makan hanya 1 kali.

Paket ketiga adalah layanan full servica dengan tarif Rp 150.000/orang dan minimal 10 oran. Fasilitas yang didapat adalah tenda, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum, dan makan 1 kali.

Paket keempat adalah paket berkemah ekonomi. Tarifnya Rp 80.000/orang dengan fasilitas tenda, kasr, bantal, sleeping bag dan penerangan dengan peserta minimal 10 orang.

Bagi wisatawan yang ingin berkemah dengan membawa tenda sendiri alias tidak menggunakan tenda dari Taman Wisata Alam Posong.

Catatan: Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola

Rute Menuju Wisata Alam Posong Temanggung

Rute ke Posong Temanggung, jika datang dari arah Kota Semarang kemudian ambil jalur ke arah pantura Semarang-Yogyakarta melewati Kecamatan Bawen, Ambarawa dan terakhir di perempatan Secang. Kemudian belok ke arah kanan dan ikuti saja jalan menuu alun-alun Kota Temanggung. Sedangkan jika datang dari Kota Yogyakarta-Semarang, melewati Kota Magelang dan terakhir perempatan secang belok saja ke arah kiri . Ikuti jalan aspa/utama hingga bertemu dengan alun-alun kota Temanggung. Jika sudah sampai alun-alun, ambil ke arah daerah Wonosobo melewati daerah Parakan. Setiba di Pasar Parakan, lurus dengan jalan menanjak hingga sampai di Kecamatan Kledung. Ikuti terus jalan menuju Wonosobo kurang lebih 5-7 kilometer, dan akan menemui gerbang masuk TPR Wisata Posong tepat di sebelah kanan.

Untuk lebih mudahnya, berikut navigasi yang diikuti saat menggunakan Google Maps

Tips Saat Mengunjungi Wisata Posong Temanggung

Sebelum mengunjungi Taman Wisata Alam Posong ada baiknya memperhatikan tips berikut ini :

  1. Setelah sampai gerbang loket akan dilanjutkan perjalanan melewati jalanan naik dan berbatu, selain itu kondisi jalannya lumayan sempit.
  2. Sesampai di kecamatan Kledung, memerlukan kewaaspadaan tinggi karena jalur disana terdapat banyak kelok tajam yang rawan kecelakaan
  3. Pakaila pakaian yang hangat, jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki dan celana training karena udara di Posong sangatlah dingin
  4. Lebih baik berkunjung saat musim kemarau, karena di musim penghujan kondisi wisata sangat berkabut dan sulit menemukan momen sunset yang indah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...