Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Aja Cidra Mundhak Cilaka, Jangan Berbuat Curang Agar Tak Celaka

Aja Cidra Mundhak Cilaka

Aja Cidra Mundhak Cilaka artinya jangan suka berbuat curang nanti bisa celaka. Dalam pergaulan umum, seseorang harus jujur, tidak boleh berbuat curang, tidak boleh mengambil hak milik orang lain secara tidak sah. Apabila tidak mengindahkan hal tersebut, umumnya akan celaka. Selain itu, orang yang biasa berbuat curang, lama kelamaan tidak akan dipercaya lagi dan pada akhirnya tidak akan memiliki lingkungan pergaulan.

Pitutur luhur ini mengisyaratkan betapa pentingnya untuk menjadi orang yang jujur dan memerhatikan norma-norma. Seseorang yang bebas merdeka bukan berarti boleh melakukan segala hal dengan seenaknya. Aturan-aturan dibuat agar hidup bermasyarakat menjadi tertib dan tenteram. Namun tanpa kesadaran pribadi untuk saling menjaga dan tidak berlaku curang, aturan-aturan tersebut menjadi tidak berharga lagi

Arti dalam bahasa Jawa

Aja Cidra Mundhak Cilaka tegese aja seneng ngapusi, bakal cilaka. Ing hubungan masyarakat, wong kudu jujur, ora ngapusi, ora njupuk barange wong liya kanthi ilegal. Yen sampeyan ora nggatekake iki, umume bakal dadi bencana. Kajaba iku, wong sing biasane ngapusi, ora bakal dipercaya maneh lan pungkasane ora duwe lingkungan sosial.

Pitutur luhur iki nuduhake sepira pentinge jujur ​​lan nggatekake norma. Wong sing bebas ora ateges bisa nindakake kabeh sing dikarepake. Aturan digawe supaya urip bermasyarakat dadi tertib lan tentrem. Nanging tanpa kesadaran pribadi kanggo ngurus saben liyane lan ora ngapusi, aturan kasebut dadi ora ana gunane.

.

BACA JUGA  Adoh Tanpa Wangenan Cedhak Datan Senggolan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...